Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petugas Gabungan Kerahkan Alat Berat Cari Korban Longsor di Sumedang

Tim SAR gabungan mengerahkan alat berat untuk mengangkut material longsor di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Petugas Gabungan Kerahkan Alat Berat Cari Korban Longsor di Sumedang
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas berusaha mencari korban tertimbun tanah longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (10/1/2021). Longsor yang terjadi dua kali pada Sabtu, 9 Januari 2021 itu, mengakibatkan 18 jiwa luka dan 13 jiwa menggal dunia. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Tim SAR gabungan mengerahkan alat berat untuk mengangkut material longsor di Perum Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, RT 3/10, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Pencarian tersebut dilakukan pada Senin (11/1/2021) dan tim sudah memiliki titik terang terkait lokasi korban yang diperkirakan tertimbun longsor.

Selain itu, Tim SAR gabungan juga menggunakan alkon dan alat ekstrikasi.

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, indikasi adanya titik terang tersebut memang ada karena korban sebelumnya yang sudah ditemukan banyak bertumpukan di pinggir titik longsor.

"Makanya kami sisir pencarian ke dekat masjid, dan ke area dekat lapangan, mudah-mudahan cuaca bagus sehingga kita bisa bekerja sesuai yang diharapkan," ujarnya di posko bencana longsor.

Dalam pencarian ini, pihaknya tetap berkaca pada pencarian korban yang sudah ditemukan. Biasanya, mereka ditemukan bertumpukan di dalam rumahnya masing-masing.

Menurutnya, korban banyak ditemukan di luar rumah karena kemungkinan saat terjadi longsor susulan mereka menyelamatkan diri, tetapi tidak selamat.

BERITA TERKAIT

"Termasuk 13 korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Deden.

Baca juga: Ungkapan Belasungkawa Wapres Maruf Amin atas Musibah Sriwijaya Air dan Tanah Longsor Garut-Sumedang

Seperti diketahui, hingga Minggu (10/1/2021) total ada 13 korban yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, 25 selamat dan 27 korban hilang belum ditemukan akibat kejadian longsor tersebut.

"Kalau korban yang meninggal, kebanyakan ditemukan di ujung batas longsoran yang terjadi," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Temukan Titik Terang Pencarian Korban Longsor, Petugas Gabungan Kerahkan Alat Berat

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas