Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gempa Kembali Mengguncang Majene Siang Ini

Raditya mengungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Gempa Kembali Mengguncang Majene Siang Ini
Tribun Timur
Ilustrasi gempa situbondo dan buol, Sulteng hari ini 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa dengan kekuatan magnitudo 4,2 kembali terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat pada Senin (18/1) Pukul 11:11 WIB.

Pusat gempa berada di darat 16 km timur laut Majene dengan kedalaman 10 km.

"Menurut informasi tim relawan yang berada di Mamuju, gempa dirasakan cukup kuat namun tidak sampai menimbulkan kepanikan. Belum ada laporan terkait dampak gempa susulan tersebut," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati melalui keterangan tertulis, Senin (18/1/2021).

Raditya mengungkapkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. 

Pascagempa, Majene dilanda angin kencang(KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN)
Pascagempa, Majene dilanda angin kencang(KOMPAS.com/SUDDIN SYAMSUDDIN) (Kompas.com)

"BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu," tutur Raditya.

"Selain itu, bagi yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan," tambah Raditya.

Baca juga: Viral Mobil Logistik Berisi Bantuan untuk Korban Gempa Majene Dijarah, Polisi Lakukan Hal Ini

BERITA TERKAIT

Masyarakat, menurutnya, dapat mengikuti perkembangan informasi kegempaan melalui BMKG dan portal InaRisk untuk mengetahui potensi risiko bencana yang ada disekitar tempat tinggal.

Sebelumnya, gempa pertama terjadi di Sulawesi Barat dengan kekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat, pukul 02.28 WITA. Pusat gempa berada di 4 kilometer Timur Laut Kabupaten Majene.

Pada Sabtu (16/1/2021) pukul 06.32 WIB, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah kembali terjadi gempabumi dengan kekuatan M5,0 di Kabupaten Majene.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas