Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kembar Siam Adam-Aris Akan Jalani Operasi Pemisahan Hari Ini di RSUP Adam Malik

Sebelumnya, tim dokter dari RSUP Haji Adam Malik sudah berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur

Kembar Siam Adam-Aris Akan Jalani Operasi Pemisahan Hari Ini di RSUP Adam Malik
Tribun Medan
BAYI kembar siam Adam dan Aris, Selasa (19/1/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Bayi kembar siam atas nama Adam dan Aris yang merupakan warga Dusun Sei Kelapa II, Desa Tanjung Haloban, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, akan dilakukan operasi pemisahan.

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik merencanakan pemisahan tubuh bayi kembar Siam pada Rabu (20/1/2021) nanti.

Sebelumnya, tim dokter dari RSUP Haji Adam Malik sudah berhasil memisahkan bayi kembar siam Mariana-Mariani asal Aceh Timur pada tahun 2005, Sahira-Fahira dari Asahan pada 2017 dan Adam-Malik dari Tapanuli Utara pada 2019.

Sekretaris Tim Penanganan Bayi Kembar Siam RSUP Haji Adam Malik dr Rizky Adriansyah MKed (Ped) SpA(K) mengatakan, kondisi bayi kembar siam Adam dan Aris memang sudah siap untuk dilakukan operasi pemisahan.

Baca juga: Seperti Bagas dan Bagus, Cerezo Osaka Resmi Miliki Pemain Kembar Keturunan Indonesia

"Dengan operasi ini sendiri, merupakan kali keempatnya sepanjang sejarah rumah sakit vertikal Kemenkes ini.
Jika tidak ada halangan, pemisahannya ini nanti akan dilaksanakan di ruang operasi Gedung CMU (Central Medical Unit) RSUP Haji Adam Malik," ujarnya, Selasa (19/1/2021).

Bayi kembar siam Adam dan Aris, lanjut Rizki, akan menjalani pemisahan di bagian dada dan perut mereka.

Baca juga: Cerita Ibu Guru Kembar Naikan Derajat Kaum Marjinal Lewat Pendidikan dan Keterampilan Usaha

"Pemisahannya itu terkait beberapa organ di dalamnya yang mungkin ada perlengketan, terutama bagian hati dan saluran cerna. Karena sebagian besar yang dempet memang di daerah perut," ungkapnya.

Rizki mengatakan, operasi ini akan dilaksanakan oleh tim yang diketuai oleh Prof dr Guslihan Dasa Tjipta SpA(K), dengan melibatkan sekitar 50 orang tenaga medis yang terdiri dari beberapa dokter sub spesialis, terutama dokter spesialis bedah anak, dokter spesialis anesthesi pediatrik, dan dokter spesialis anak.

"Kita akan menggunakan protokol kesehatan, di mana seluruh tim yang terlibat langsung dalam operasi akan menggunakan APD (alat pelindung diri), kemudian juga akan dilakukan swab untuk screening Covid-19," ucapnya.

Baca juga: VIRAL Video 3 Anak Kembar Antar Ayahnya Berangkat Kerja, sang Ibu: untuk Membiasakan Cium Tangan

Informasi yang berhasil dihimpun, bayi kembar siam Adam dan Aris sendiri saat ini dalam keadaan sehat dengan berat badan total sekitar 16 kg.

Keduanya sudah berusia 1 tahun 9 bulan 10 hari, di mana mereka lahir di RSUP Haji Adam Malik pada tanggal 9 Desember 2019 lalu.

"Kondisi bayi saat ini cukup sehat, tumbuh kembang cukup baik, sudah bisa berjalan walaupun jalannya berdua, tidur juga bareng, berdua dengan posisi miring," kata Rizki.

Terpisah, orangtua bayi kembar siam Adam dan Aris, Nur Rahmawati (26) dan Supono (32) berharap proses operasi bisa berjalan dengan lancar dan dapat memisahkan kedua bayi mereka.

"Mudah-mudahan berhasil, tidak ada kendala apapun dan kami sudah percayakan kepada tim dokter," pungkasnya.(mft/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul RS Adam Malik Lakukan Pemisahan Bayi Kembar Siam Adam-Aris Besok, Kali Keempat Sepanjang Sejarah

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Medan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas