Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kelompok Bersenjata di Papua

Kelompok Separatis NRFPB dan Simpatisannya di Nabire Nyatakan Diri Kembali ke NKRI 

Polisi sambut baik Alex Hamberi dan simpatisan kelompok separatis Papua dari Negara Republik Federal Papua Barat menyatakan diri kembali ke NKRI

Kelompok Separatis NRFPB dan Simpatisannya di Nabire Nyatakan Diri Kembali ke NKRI 
ISTIMEWA
Pernyataan sikap oleh Alex Hamberi bersama 17 orang simpatisan NRFPB sebagai bentuk kembali ke NKRI. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Alex Hamberi dan pengikutnya di Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) menyatakan diri kembali ke NKRI.

Untuk diketahui NRFPB merupakan satu dari beberapa kelompok separatis Papua selain KKB. 

Penyerahan diri terjadi pada Selasa (4/5/2021) pukul 19.00 WIT di hadapan para ketua Adat Kampung Sima dan aparat NKRI.

Baca juga: Keluarga Kepala BIN Papua Terima Santunan dan Beasiswa Pendidikan Anak Setengah Miliar Rupiah Lebih

Baca juga: Teridentifikasi, Polisi Kejar KKB Pelaku Pembakaran SD Mayuberi, Perumahan Guru dan Puskesmas Ilaga

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Al Qudussy turut mengucapakan syukur dan berterima kasih atas kembalinya Alex Hamberi ke NKRI.

"Kami berharap agar ini diikuti oleh seluruh simpatisan NRFPB lainnya, " ujar Iqbal dalam keterangannya, Rabu (5/5/2021). 

Pernyataan kembalinya Alex Hamberi dan pengikutnya pada NKRI turut dihadiri oleh Kasat Intelkam Polres Nabire AKP Made Sudarma, KaPolsubsektor Wami AIPDA Harsono, Kepala suku Sarakwari Yerisiam Agus Rumatra, Kepala suku besar Yerisiam Ayub Kowoy.

Kepala Kampung Sima Daniel Inggeruhi, Tokoh agama Pdt. Yohanes RarawI, simpatisan NRFPB Kurang lebih 20 orang juga warga masyarakat kampung Sima kurang lebih 100 orang.

Dalam sambutannya, Kasat Intelkam Polres Nabire, AKP Made Sudarma menyampaikan bahwa Alex Hamberi dan anggotanya tidak tahu menahu terkait status keanggotaannya di NRFPB.

Mereka hanya diperalat oleh kelompok / organisasi yang bertentangan dengan NKRI.

"Kami ingin aktivitas berjalan seperti biasa lagi di kampung ini sehingga tidak ada permusuhan atau pihak yang mengucilkan rekan atau saudara kita yang telah terlibat organisasi NRFPB untuk itu mari tinggalkan semua permasalahan dan kembali kepada sedia kala, " ungkap Made. 

NRFPB ke NKRI
Pernyataan sikap oleh Alex Hamberi bersama 17 orang simpatisan NRFPB sambil membentangkan Bendera Merah Putih dan ditutup oleh doa bersama sebagai bentuk kembali ke NKRI.

Sama dengan Made, Kepala Suku Sub. Sarakwari Agus Rumaterai juga  mengungkapan rasa syukur atas kembalinya NRFPB kepada NKRI.

"Ada yang saya harus garis bawahi, bahwa ke depan jangan membuat masalah lagi di tempat ini. Mari kita hidup damai,  jangan melihat mereka, saudara kita yang sebelumnya bergabung di NRFPB dengan mata sebelah, marilah kita bangun komunikasi kembali, mari kita sekolahkan anak-anak kita sampai pintar , kita tidak usah yang aneh-aneh, jangan buat masalah ini dan jangan ada celah, jadikan ini sebagai pengalaman untuk kedepan lebih baik, " tutur Agus.

Seluruh rangkaian bincang adat tersebut kemudian diahiri dengan pernyataan sikap oleh Alex Hamberi bersama 17 orang simpatisan NRFPB sambil membentangkan Bendera Merah Putih dan ditutup oleh doa bersama.

Ikuti kami di
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas