Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Kelompok Bersenjata di Papua

Aparat Berikan Perlindungan Terhadap Tiga Teroris KKB Papua yang Menyerahkan Diri

Pengamanan untuk mengantisipasi ketiganya bakal menjadi target pencarian kelompok teroris KKB Papua Lekagak Telenggen usai berjanji setia kepada NKRI.

Aparat Berikan Perlindungan Terhadap Tiga Teroris KKB Papua yang Menyerahkan Diri
ISTIMEWA
Ilustrasi anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerahkan diri dan bergabung NKRI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya akan memberikan pengamanan terhadap tiga anggota kelompok teroris KKB Papua Lekagak Telenggen yang menyerahkan diri pada Sabtu (15/5/2021) lalu.

Menurut Ahmad, pengamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi ketiganya bakal menjadi target pencarian kelompok teroris KKB Papua Lekagak Telenggen usai berjanji setia kepada NKRI.

"Tentu, mohon maaf ya. Ketika dia menyerahkan diri. Mungkin ada temen-temennya juga yang tidak suka ya enggak? Tapi kita harus sebagai Warga Negara Indonesia kita harus menjaga dia juga dari ancaman kelompoknya yang merasa tidak suka dia menyerahkan diri," kata Ahmad kepada wartawan, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Tiga Teroris KKB Papua Lekagak Telenggen yang Menyerahkan Diri Tidak Ditahan

Ia mengatakan ketiganya juga diputuskan untuk tidak ditahan usai menyerahkan diri.

Pasalnya, pihaknya belum menemukan unsur pidana yang signifikan selama bergabung menjadi anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen.

"Jadi intinya dia tidak ditahan, tapi tetap aparat TNI-Polri tetap melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap yang bersangkutan ya," ungkap dia.

Sebaliknya, pengawasan bertujuan agar dapat memantau gerak-gerik ketiganya agar tidak kembali membelot bergabung menjadi anggota kelompok teroris KKB Papua.

"Kita juga kewaspadaan tetap harus ada, ketika ada seperti itu bukan langsung percaya aja. Tentu kita kewaspadaan tetap ada. Kita lakukan pembinaan segala macam gitu," pungkasnya.

Baca juga: 2 Oknum Polisi Penjual Senjata Api Kepada KKB Papua Dituntut 10 Tahun Penjara

Sebelumnya, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III mengatakan tiga anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen menyerahkan diri kepada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl yang melaksanakan patroli keamanan di Kampung Tanah Merah, Papua, Sabtu (15/5/2021).

Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan mereka yang menyerahkan diri masing-masing berinisial YAW (34), MM (17), dan OM (41).

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas