Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masyarakat Pesisir Maluku Diminta Waspadai Potensi Banjir Rob Hingga Seminggu ke Depan

Pasang air laut maksimum itu berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau banjir rob di beberapa wilayah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Masyarakat Pesisir Maluku Diminta Waspadai Potensi Banjir Rob Hingga Seminggu ke Depan
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Sejumlah warga saat beraktivitas ditengah banjir rob yang merendam dermaga pelabuhan kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Jumat (01/01/2020). Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terhadap warga pesisir Jakarta terhadap cuaca extrem yang berpotensi hujan disertai angin kencang dan kilat/petir. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Salama Picalouhata

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Masyarakat yang tinggal di sejumlah wilayah diimbau agar mewaspadai potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir (rob).

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar mengatakan banjir pesisir atau rob berpeluang terjadi di perairan Provinsi Maluku mulai besok, Senin (24/5/2021) hingga seminggu ke depan yaitu 25-31 Mei 2021.

Potensi gelombang tinggi dan banjir rob tersebut adalah dampak dari posisi bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi.

"Posisi bulan itu menyebabkan potensi pasang maksimum dan ditunjang dengan keadaan gelombang serta curah hujan yang cukup tinggi dapat mempengaruhi dinamika pasang surut yang berpotensi terjadi," kata Ashar dalam keterangan resminya.

Baca juga: Banjir Masih Menggenangi Tiga Desa di Kecamatan Trumon Tengah Aceh Selatan

Ashar mengatakan pasang air laut maksimum itu berpotensi menyebabkan banjir pesisir atau banjir rob di beberapa wilayah.

Di antaranya Seram Bagian Timur, Selatan Pulau Seram, Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Kai dan Kepulauan Ar.

BERITA TERKAIT

Dia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir.

"Serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata dia.

Artikel ini telah tayang di TribunAmbon.com dengan judul Waspada Potensi Banjir Rob yang Akan Melanda Wilayah Pesisir Maluku Seminggu Kedepan

Sumber: Tribun Ambon
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas