Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kilang Minyak Terbakar

Pertamina Sebut Tetap Waspada meski Kilang Cilacap Sudah Padam Hari Ini 

Joko menjelaskan, pihaknya tetap mengawasi tangki melalui berbagai alat pendingin, kamera CCTV hingga alat pengukuran suhu

Pertamina Sebut Tetap Waspada meski Kilang Cilacap Sudah Padam Hari Ini 
ISTIMEWA
Kebakaran yang terjadi di Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah dikabarkan terbakar pada, Jumat (11/6/2021) malam sekira pukul 20.00 WIB 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyatakan tangki penyimpanan di Kilang Cilacap yang sebelumnya terbakar sudah berhasil dipadamkan, pagi hari ini. 

General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Joko Pranoto mengatakan, situasi kilang dan sekitarnya sudah terkendali. 

"Pada tadi, jam 10.50 waktu Indonesia bagian barat alhamdulillah kawan-kawan RU IV Cilacap bisa memadamkan seluruh api yang di lingkungan sekitar tangki 39. Semuanya dalam kondisi lancar dan padam semua," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (13/6/2021). 

Selanjutnya, Joko menjelaskan, pihaknya tetap mengawasi tangki melalui berbagai alat pendingin, kamera CCTV hingga alat pengukuran suhu. 

Baca juga: Kilang Terbakar, Pertamina Gandeng LHK hingga ITB Atasi Lingkungan Tercemar

"Kami terus memonitor semua, sampai hari inipun kita tetap melakukan cooling dengan foam agar supaya tidak ada titik api. Kita juga lakukan pengukuran-pengukuran temperatur di tangki sekitar 35 derajat," katanya. 

Kendati demikian, Pertamina tetap waspada supaya infrastruktur di Kilang Cilacap tidak ada api yang kembali menyala. 

"Artinya, kita bisa pastikan bahwa dengan temperatur itu tidak ada auto ignition ya. Namun demikian, kita tetap waspada, teman-teman di RU IV tetap menjaga di lingkungan sekitar tangki supaya tidak terjadi titik api kembali," pungkas Joko.

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas