Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Liputan Khusus

Suara Kendang Bisa Menambah Imun Tubuh

Suara kendang, menurut doktor ahli kendang, bisa membuat orang yang mendengarnya bahagia dan akhirnya menambah imun tubuh.

Suara Kendang Bisa Menambah Imun Tubuh
tribun jabar/kemal
DOKTOR KENDANG - Asep Ganjar Wiresna meraih gelar doktor kendang.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bagi seorang Asep Ganjar Wiresna, kendang adalah sebuah instrumen yang memiliki fungsi lebih banyak dari sekadar alat musik.

Kendang adalah instrumen yang bisa membuat orang bahagia. Kendang, menurut Asep, bisa membuat orang mengangguk-angguk dan bergoyang ketika mendengar kulitnya ditabuh.

"Kendang bisa membuat seseorang secara psikologis bertambah baik, menambah imun bertambah baik, dan membuat orang bahagia saat mendengarkannya, baik yang paham maupun yang tidak," ujar Asep.

Asep menyebutkan bahwa kendang adalah media yang bisa membuat orang merasa senang. Ketika mendengarkan kendang, maka pendengarnya akan bergerak mengikuti alunan tabeuhan yang dibunyikannya.

Saking bisa membuat orang bergoyang, menurut Asep, ada pribahasa yang menyebutkan "Anu burung diangklungan, anu edan dikendangan" untuk menggambarkan betapa kendang bisa memberikan pengaruh semangat tinggi kepada pendengarnya.

"Edan di sini bukan berarti orang gila, namun dalam arti orang yang memiliki impresi dan semangat tinggi," katanya. (kemal setia permana)

Baca juga: Asep Ganjar Penyandang Gelar Doktor Kendang Pertama

Editor: cecep burdansyah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas