Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta untuk Difabel, Pekerja, dan Lansia

Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro (RACYM) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)...

Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta untuk Difabel, Pekerja, dan Lansia
Istimewa
Foto kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh RACYM pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 pukul 08.00 – 13.00 WIB di Auditorium Koinonia UKDW. Selain masyarakat umum, kelompok penerima vaksin kali ini adalah lansia dan kaum difabel yang mendapatkan akses khusus sehingga memudahkan mobilitas. 

TRIBUNNEWS.COM - Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro (RACYM) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), mengadakan kegiatan vaksinasi Covid-19 pada hari Sabtu, 24 Juli 2021, pukul 08.00 – 13.00 WIB di Auditorium Koinonia UKDW (Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo no. 5-25, Yogyakarta 55224).

Presiden Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro Jessica Regina – mengatakan bahwa RACYM ingin turut menyukseskan program pemerintah di bidang kesehatan dalam hal percepatan vaksinasi Covid-19.

Hal ini bertujuan untuk menekan penularan dan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Baca juga: Jumlah Penumpang Pesawat yang Vaksinasi Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 40 Ribu Orang

Keinginan ini pun sangat didukung oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Dr. Lana Unwanah, selaku Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Yogyakarta, dalam waktu yang sama juga memberikan dukungan positif dalam hal kelancarakan komunikasi, koordinasi, dan memastikan ketersediaan dosis vaksin.

Pendaftaran vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum berusia 12 tahun ke atas di Kota Yogyakarta. Vaksinasi Covid-19 kali ini mencapai 750 peserta, dengan mayoritas peserta vaksin memiliki KTP DIY dan sebagian besar KTP Kota Yogyakarta sesuai arahan dari Dinkes Kota Yogyakarta.

Prioritas vaksin diberikan kepada lansia, prelansia, pekerja, dan kaum difabel.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat lanjut usia, penyandang disabilitas, serta pendidik dan tenaga pendidikan.

Baca juga: Seberapa Besar Edukasi Vaksin Covid-19 terhadap Anak? Begini Kata Dokter

Ketua Panitia Rosaliana Karina mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi ini merupakan hasil kerja sama dan dukungan dari banyak pihak, suatu hal yang memang sedang dibutuhkan mengingat tingginya target vaksinasi pemerintah.

Di samping kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dan Universitas Kristen Duta Wacana, kegiatan vaksinasi Covid-19 ini juga didukung oleh beberapa Rotary Club di Yogyakarta Area, yaitu: Rotary Club of Yogyakarta Malioboro, Rotary Club of Yogyakarta Mangkubumi, dan Rotary Club of Yogyakarta Tamansari.

Director of Community Service Hardi Wijaya menyampaikan acara vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan oleh Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro mendapatkan antusiasme yang besar dari masyarakat Kota Yogyakarta.

Dengan terpenuhinya 750 calon peserta penerima vaksin hanya dalam waktu 20 menit setelah pendaftaran dibuka secara daring.

Untuk menghindari terjadinya kerumunan, proses pemberian vaksin dibagi menjadi 10 sesi.

Selain itu, acara ini juga memberikan perhatian khusus dengan memberikan akses  yang ramah untuk para lansia dan kaum difabel pada lokasi vaksinasi.

Baca juga: Virolog: Vaksin Turunkan Risiko Berat Saat Terpapar Covid-19

Untuk selanjutnya, Rotaract Club of Yogyakarta Malioboro berharap dapat terus ikut mendorong gerakan vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah dengan terlibat langsung dalam penyelenggaraan vaksinasi massal untuk masyarakat dengan konsep “Gerakan 10.000 Vaksin” sehingga inklusivitas pemberian vaksin semakin dapat diwujudkan.

Sebagai informasi, Rotaract Club of Malioboro Yogyakarta merupakan anak organisasi dari Rotary International (www.rotary.org) yang merupakan sebuah organisasi sosial internasional. Anggota Rotaract Club berusia antara 18-40 tahun dan berdedikasi pada pengabdian sosial masyarakat tanpa terlepas dari dunia profesionalisme sehingga mereka siap terjun ke dalam kehidupan kerja dan bermasyarakat. (*)

Editor: Maria Novena Cahyaning Tyas
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas