Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Direktur Utama BPOLBF: Saya Optimistis 10 Finalis akan Dapat Melahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif

Shana Fatina optimistis 10 finalis yang terjaring dalam Program Ideathon #RinduLabuanBajo akan melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Direktur Utama BPOLBF: Saya Optimistis 10 Finalis akan Dapat Melahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif
Dok. pribadi
Direktur Utama BPOLBF: Saya Optimistis 10 Finalis akan Dapat Melahirkan Ide-ide Kreatif dan Inovatif 

TRIBUNNEWS.COM, LABUAN BAJO – Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Shana Fatina optimistis 10 finalis yang terjaring dalam Program Ideathon #RinduLabuanBajo akan melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk menjadi prototipe atau model pengembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ke-10 finalis Program Ideathon #RinduLabuanBajo adalah Ampyang Lempu, Batares, Comohook. Ecofloresta, Flobamorata, Floratama Camp, KalaNusa, Kertabumi Recycling Center, Tim Legenda, dan Srikandi. Mereka nantinya akan mengikuti Top 60 Floratama Academy.

RinduLabuanBajo akan melahirkan ide-ide kreatif
RinduLabuanBajo akan melahirkan ide-ide kreatif

“Saya optimistis 10 finalis ini akan dapat melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif. Mereka juga akan menciptakan produk-produk ekonomi kreatif berkelanjutan yang berbasis digital di Labuan Bajo,” ungkap Shana Fatina, Selasa (3/8/2021).

Shana Fatina mengatakan, Ideathon #RinduLabuanBajo adalah salah satu terobosan BPOLBF dalam menjawab tantangan-tantangan untuk memajukan sektor pariwisata dan Ekraf di Labuan Bajo.

BPOLBF, kata Shana Fatina, secara konsisten dan berkelanjutan mengadakan program pembinaan dan pelatihan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, BPOLBF juga menjalin kemitraan erat dengan jajaran pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan (stakeholders) di berbagai bidang.

“BPOLBF melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Alhamdulillah, Ideathon #RinduLabuanBajo menjadi contoh konkret. Program ini akan kami sinergikan dengan program Floratama Academy, sebuah program inkubasi pengusaha pada 30 bidang usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang tersebar di Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama),” urai Shana Fatina.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan, saat ini banyak talenta-talenta yang memiliki ide gemilang, inovatif, dan kreativitas tinggi untuk menjawab tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo.

Ideathon #RinduLabuanBajo adalah program BPOLBF untuk mengoptimalisasi percepatan pembangunan sektor pariwisata dan ekraf di wilayah koordinatif BPOLBF, yaitu Flores, Alor, Lembata, dan Bima.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata BPLOBF, Raisa Lestari Niloperbowo optimistis, penyelenggaraan Ideathon #RinduLabuanBajo makin memantapkan posisi Labuan Bajo sebagai pusat kegiatan pelaku industri kreatif.

“Tujuan BPOLBF adalah mewujudkan kemapanan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ideathon #RinduLabuanBajo adalah kampanye BPOLBF untuk meningkatkan tourism awareness masyarakat, khususnya terkait kuliner, kriya, dan fesyen,” kata Raisa Lestari Niloperbowo

10 Tim Finalis Ideathon #RinduLabuanBajo
1. Ampyang Lempu
2. Batares
3. Comohook
4. Ecofloresta
5. Flobamorata
6. Floratama Camp
7. KalaNusa
8. Kertabumi Recycling Center
9. Tim Legenda
10. Srikandi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas