Tribun

Virus Corona

Cek Vaksinasi Driver Ojol dan PPKM Level 4 di Medan, Kakorlantas: Langkahnya Cukup Konkret

Selain memantau penerapan PPKM, Istiono juga meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat, pengemudi, dan driver ojek online

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Sanusi
zoom-in Cek Vaksinasi Driver Ojol dan PPKM Level 4 di Medan, Kakorlantas: Langkahnya Cukup Konkret
ist
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau penerapan PPKM Level 4 di Pos PPKM Jalan Letda Sujono Pintu Tol Bandar Selamat, Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/8/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono meninjau penerapan PPKM Level 4 di Pos PPKM Jalan Letda Sujono Pintu Tol Bandar Selamat, Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/8/2021).

Selain memantau penerapan PPKM, Istiono juga meninjau pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat, pengemudi, dan driver ojek online (Ojol) di Politeknik Pariwisata Medan.

Baca juga: Halangi Ambulans saat Menuju RSUD di Jakarta Timur, Oknum Prajurit TNI AD Resmi Ditahan 

Istiono mengatakan dalam tinjauannya, ia didampingi Kapolda Sumatera Utara, Panggam I Bukit Barisan, Dirut PT Jasa Raharja, Wakil Wali Kota Medan serta Dir Gakkum, Kabag Ops, Dirlantas Polda Sumut dan Kapolresta Medan.

Terdapat lima titik perbatasan di Kota Medan yang dilakukan pembatasan mobilitas masyarakat oleh Polda Sumatera Utara.

Baca juga: Gerindra Setuju Amendemen Terbatas UUD 1945 Hanya untuk PPHN 

“Semua dilaksanakan secara gradual, tahapan-tahapan dari PPKM Darurat sampai PPKM Level 4 tetap dilakukan. Dan langkah-langkahnya cukup konkret,” kata Istiono, Rabu (18/8/2021).

Menurut Istiono, penyekatan di titik-titik perbatasan Kota Medan dilakukan dengan baik.

Di mana pihaknya juga menerapkan langkah-langkah selektif terhadap pengguna jalan yang ingin masuk ke wilayah Medan.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Jangan Ada yang Berpikir Cari Untung Dalam Penanganan Covid-19

“Kemudian juga tadi dilakukan tes antigen secara random. Ada sekitar 57 orang yang dites, dua orang dinyatakan positif langsung diantar oleh Kapolda ke Rumah Sakit (RS) terdekat dipastikan untuk PCR,” ujarnya.

Istiono mengapresiasi Kapolda Sumatera Utara beserta jajaran yang telah menegakkan pelaksanaan PPKM di wilayahnya.

Menurutnya, seluruh kota di Indonesia akan dilakukan pengecekan terhadap pelaksanaan PPKM Level 4.

“Pembatasan sendiri dilakukan di pusat kota ataupun perbatasannya. Di seluruh kota Indonesia juga sama-sama dilakukan pembatasan mobilitas, karena langkah ini dinilai sangat efektif untuk menyeleksi orang yang keluar masuk sehingga bisa termonitor,” katanya.

Terkait pelaksanaan vaksinasi, Istiono mengingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), setidaknya yang paling utama menggunakan masker.

“Seandainya setelah divaksin tuntas, maka prokes tetap tidak bisa lepas. Terutama menggunakan masker, itu yang paling utama,” ujarnya.

Melihat antusiasme masyarakat dan driver ojek online di Medan membuatnya optimis, karena masyarakat menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama.

“Kesadaran itulah yang kita perlukan. Ini optimisme dan antusiasme masyarakat di sini memprioritaskan kesehatan. Mudah-mudahan dengan vaksinasi pertama dan kedua nanti masyarakat herd immunitynya meningkat dan ekonomi pulih kembali,” ujarnya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas