Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dokter ASN Jual Vaksin Covid-19 ke Napi Lapas Rp 250 Ribu/Dosis Padahal Oleh Pemerintah Gratis

Pihaknya pun mengamankan sejumlah barang bukti beserta terdakwa Selviwaty yang saat itu tengah mengatur berjalannya vaksinasi.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Dokter ASN Jual Vaksin Covid-19 ke Napi Lapas Rp 250 Ribu/Dosis Padahal Oleh Pemerintah Gratis
Gita Nadia Putri br Tarigan/Tribun Medan
Sidang perkara dugaan jual beli vaksin secara ilegal, yang menyeret oknum dokter berstatus ASN yakni dr.Indra Wirawan dan Selviwaty kembali digelar di Pengadilan Negeri Medan, Rabu (8/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Kasus jual beli vaksin Covid-19 di lembaga pemasyarakatan di Medan, Sumatera Utara kembali disidangkan, Rabu (8/9/2021).

Kasus ini melibatkan dokter berstatus aparatur sipil negara (ASN) yaitu dr Indra Wirawan.

Dalam sidang yang digelar secara daring di Pengadilan Negeri Medan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan dua orang saksi dari kepolisian yakni Eliakim dan Suherman yang menangkap kedua terdakwa.

"Kami bergerak dari adanya informasi dari masyarakat terkait pelaksanaan vaksin berbayar di sebuah Club House di jalan Perintis Kemerdekaan. Setelah kami cek ke lokasi. Benar, ada orang ramai melaksanakan vaksin," katanya Eliakim menjawab pertanyaan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Baca juga: 2 Jenazah Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan Kepada Keluarga

Selanjutnya kata saksi, pihaknya pun mengamankan sejumlah barang bukti beserta terdakwa Selviwaty yang saat itu tengah mengatur berjalannya vaksinasi.

"Yang diamankan saat itu 7 orang. Selanjutnya beberapa orang yang sudah divaksin, kami interogasi dan mereka jawab kalau vaksinnya bayar Rp 250 ribu ke Selviwaty," katanya.

Selanjutnya, pihak kepolisian pun menginterogasi Selviwaty dan didapatkan informasi bahwa vaksin tersebut didapat dari terdakwa dr.Indra Wirawan yang tak lain adalah dokter di Rutan Tanjung Gusta Medan.

BERITA TERKAIT

"Katanya (Selviwaty) vaksinnya dapat dari dokter Indra sementara Selviwaty sebagai pengumpul, hari itu juga kami cari Dokter Indra, kami tangkap di jalan," bebernya.

Setelah diinterogasi kata saksi, Dokter Indra mengaku kalau masih ada sisa vaksin di rumahnya sekitar 18 botol, sehingga pihak kepolisian pergi ke rumah Indra.

"Kami mendapat vaksin 18 botol di kulkasnya dan kami ambil semua sebagai barang bukti," bebernya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Nasional Menurun selama 8 Minggu, Satgas: Turun 88,9% Dibanding Lonjakan Kedua

Dalam sidang tersebut, saksi juga membeberkan bahwa sejumlah orang yang ikut menyuntikkan vaksin merupakan bawahan dari dokter Indra yang bekerja di Rutan Tanjung Gusta Medan.

Selain itu katanya berdasarkan hasil interogasi terhadap dr Indra, vaksin yang ia dapat harusnya untuk warga rutan/lapas.

"Atas suruhan dokter Indra, mereka (yang menyuntik) pegawai bawahannya dr Indra," pungkas Saksi.

Usai mendengar keterangan saksi, Majelis Hakim yang diketuai Saut Maruli Tua Pasaribu menanyakan kepada kedua terdakwa terkait kesaksian kedua polisi yang menangkap.

Terdakwa Selvi mengaku tidak tau kalau vaksin dari Dokter Indra adalah jatah untuk Rutan.

"Sebelumnya saya tidak mengetahui kalau vaksin itu adalah jatah orang rutan," ucapnya.

(Gita Nadia Putri br Tarigan/tribun-medan.com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul DITANGKAP Malam Hari, Polisi Sebut Dapati Sisa Vaksin di Kulkas Dokter Indra

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas