Tribun

Virus Corona

Hari Ini PTM se-Bali Dimulai, Sekolah Diminta Tidak Melakukan Pungutan Biaya Seragam

Siswa agar menggunakan pakaian bebas rapi dalam mengikuti PTM jika sama sekali tidak mempunyai pakaian sesuai yang ditentukan sekolah.

Editor: Dewi Agustina
Hari Ini PTM se-Bali Dimulai, Sekolah Diminta Tidak Melakukan Pungutan Biaya Seragam
TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Ilustrasi PTM PELAJAR - Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di UPT SD Negeri 2 Rajabasa, Senin (13/9/2021). Seiring penurunan status pandemi dari zona merah ke zona kuning atau dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 menjadi PPKM level 3 di Kota Bandar Lampung, pembelajaran tatap muka dilakukan secara terbatas yang diikuti hanya 50 persen siswa. Selain itu selama pembelajaran berlangsung selama 2x60 menit sehari dan berlaku di seluruh jenjang pendidikan setempat, mulai tingkat SD, SMP dan SMA .(Tribunlampung.co.id/Deni Saputra) 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di berbagai sekolah se-Bali pada hari ini, Senin (4/10/2021).

Untuk memastikan lancarnya pelaksanaan PTM, Ombudsman Perwakilan Bali mengatakan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara random atau acak ke berbagai sekolah di Bali.

Sidak tersebut direncanakan bakal digelar pada Senin 4 Oktober 2021 ini.

"Kami rencanakan Senin besok (hari ini--red) akan melakukan pengawasan secara acak di beberapa sekolah," jelas Kepala ORI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhattab, Minggu (3/10/2021).

Sidak dan pengawasan tersebut untuk melihat apakah sekolah sudah mengikuti petunjuk sesuai arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

Selain itu, diawasi juga dalam penerapannya yang berjalan.

Baca juga: Kemendikbudristek: Empat Universitas Telah Gunakan PeduliLindungi untuk Penerapan PTM Terbatas

"Pertama-tama terkait soal apakah ada petunjuk teknis dari disdik terkait PTM di sekolah, jika ada, bagaimana penerapannya di sekolah," ungkap Umar.

Terkait seragam sekolah agar tidak menjadi beban para orang tua siswa di tengah situasi ekonomi saat ini, sekolah diharapkan tidak melakukan pungutan.

Siswa agar menggunakan pakaian bebas rapi dalam mengikuti PTM jika sama sekali tidak mempunyai pakaian sesuai yang ditentukan sekolah.

"Kita minta agar sekolah tidak memungut biaya seragam. Serahkan ke orang tua masing-masing, situasi ekonomi yang sulit dalam pandemi harusnya membuat sekolah tidak menerapkan pungutan biaya seragam," tegas Umar.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul PTM Dibuka Hari Ini, Ombudsman Bali Siap Lakukan Sidak dan Pengawasan

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas