Tribun

Hadiri Acara Musda I Papdesi, Ganjar Berharap Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan

Ganjar Pranowo memberikan sambutan secara virtual dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) I Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Endra Kurniawan
Hadiri Acara Musda I Papdesi, Ganjar Berharap Desa Jadi Ujung Tombak Pembangunan
Tribunnews.com/Istimewa
Ganjar Pranowo memberikan sambutan secara virtual dalam Musada I Papdesi Jatim, Sabtu (27/11/2021). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ganjar Pranowo memberikan sambutan secara virtual dalam acara Musyawarah Daerah (Musda) I Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) DPD Jawa Timur, Sabtu (27/11/2021).

Diketahui kehadiran Gubernur Jawa Tengah tersebut di tengah aparatur desa tersebut dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pembina Papdesi.

Dalam musyawarah tersebut berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini, Ganjar berharap desa menjadi ujung tombak pembangunan.

Baca juga: GMNI Dukung Persatuan Alumni GMNI Deklarasikan Ganjar Pranowo Sebagai Capres RI

"Kita harapkan nanti betul-betul desa itu sebagai frontliner, menjadi gerbang paling depan untuk membangun," ujar Ganjar dalam sambutannya dilansir dari keterangan yang diterima, Sabtu (27/11/2021).

Ganjar mengatakan, apabila desa menjadi pusat pembangunan maka kreasi dan inovasi akan tumbuh.

Tak lupa, ia pun berpesan agar dalam musyawarah tersebut bisa melihat dan membahas permasalahan-permasalahan di desa.

"Mungkin problem administrasi, mungkin problem bagaimana kita berkreasi, agar desa-desa bisa berkembang. Bagaimana menggunakan anggaran desa dengan tepat, bagaimana mengajak partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam penyusunan program yang ada di desa," ucapnya.

Lebih lanjut, Ganjar berpesan agar para kepala desa bisa saling bertukar ide dan gagasan.

Kemudian, Ganjar juga meminta para Kades memerhatikan kaum disabilitas.

Baca juga: HUT PJT ke-26, Ganjar Pesan Selalu Jalin Persaudaraan Satu Sama Lain

"Saya titip juga para penyandang disabilitas yang ada di desa, ajak yuk mereka. Minimal didata untuk kemudian mereka bisa berpartisipasi," kata Ganjar.

Musda I Papdesi DPD Jatim ini menghasilkan Ketua Papdesi DPC Mojokerto, Jurianto Bambang Siswantoro sebagai ketua terpilih.

Jurianto yang juga Kades Duyung, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto itu terpilih secara aklamasi dan akan menjabat hingga 2026.

"Program ke depan kita, harus memberikan kontribusi yang baik bagi anggota kita dan masyarakat pada umumnya. Kita nanti membangun Indonesia melalui membangun desa mandiri," kata Jurianto.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas