Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Apresiasi KNPI, Gus Ipin: Ini Bentuk Konkret Nilai Gotong Royong

Tak hanya memberikan bantuan yang sifatnya fisik, KNPI juga membantu dalam aspek pemulihan psikis para korban bencana.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Apresiasi KNPI, Gus Ipin: Ini Bentuk Konkret Nilai Gotong Royong
Istimewa
Ketua Umum DPP KNPI, Noer Fajrieansyah saat meninjau warga yang terkena bencana erupsi Semeru di Kecamatan Candi Puro, Jumat (10/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, LUMAJANG - Gerak cepat DPP KNPI yang dipimpin Noer Fajrieansyah terkait penyaluran bantuan bagi korban bencana erupsi Semeru, mendapat apresiasi banyak pihak.

KNPI dinilai responsif dalam melihat persoalan yang dihadapi masyarakat.

"Ini adalah bentuk konkret dari semangat gotong royong kaum muda dalam rangka membantu pemulihan pasca bencana erupsi," ujar Bupati Trenggalek, Muhammad Nur Arifin metalui keterangan tertulisnya, Sabtu (11/22).




"DPP KNPI dibawah kepemimpinan Bung Fajrie terbukti mampu membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat. Salah satu bentuk konkretnya penyaluran bantuan kemarin," lanjut bupati yang disapa Gus Ipin ini.

Baca juga: Terjun Langsung ke Lokasi, DKN Garda Bangsa Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Tak hanya memberikan bantuan yang sifatnya fisik, KNPI juga membantu dalam aspek pemulihan psikis para korban bencana.

"Trauma healing ini sangat penting bagi mereka. Setidaknya meringankan dampak psikologis yang mereka tanggung. Kami ucapkan terimakasih kepada KNPI dan Bung Fajrie," lanjut Gus Ipin.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipin yang juga Ketua DPD KNPI Jawa Timur mengucapkan terimakasih pada KNPI, khususnya Fajrie, atas dipilihnya Jawa Timur menjadi tuan rumah rapat pimpinan paripurna nasional (Rapimpurnas) Pemuda/KNPI.

BERITA TERKAIT

"Ini kado istimewa buat Jawa Timur yang sedang berduka atas musibah erupsi gunung Semeru," pungkasnya.

Sebelumnya, DPP KNPI memberikan sejumlah bantuan kepada para korban di Kecamatan Candi Puro yang notabene pusat terdampak erupsi.

Fajrie secara langsung meninjau daerah terdampak erupsi, Jumat (10/12) disela-sela persiapan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional Pemuda DPP KNPI.

Adapun peninjauan lokasi dilaksanakan di Kampung Renteng, Sumber Wuluh, Kecamatan Candi puro. Sementara lokasi pemberian sembako dilakukan di Pondok Pesantren Ulul Albab.

Fajrie mengungkapkan, pada pelaksanaan kegiatan bakti sosial ini, KNPI menyalurkan beragam bantuan kepada masyarakat terdampak. Mulai dari pakaian, bahan pokok, obat-obatan dan kebutuhan lainnya senilai Rp200 juta.

"Kami harap bisa meringankan mereka," jelas Fajrie.

Dalam kesempatan itu, Fajrie berterima kasih atas kehadiran Ketua DPP KNPI dan juga Ketua DPD KNPI Jawa Timur.

"Kami berterimakasih atas bantuan untuk korban erupsi Semeru. Terimakasih juga karena sudah memberikan suntikan semangat untuk pemuda Lumajang yang menjadi relawan. Semoga kita bisa segera keluar dari situasi buruk ini," jelas Fajrie.

Dia mengingatkan kalau bencana belum usai. Yang berat bukan hanya pada saat bencana, bagaimana mengatur evakuasi , bagaimana mengatur pengungsi, bagaimana mengatur alur distribusi , yang terberat adalah pasca bencana bagaimana upaya dalam membentuk situasi agar bisa normal kembali. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas