Tribun

Virus Corona

Kondisi Terkini Pasien Omicron Jatim, Khofifah: Kita Harus Tetap Hati-hati

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan update terkait warga Jatim yang terpapar Covid-19 varian Omicron.

Editor: Erik S
zoom-in Kondisi Terkini Pasien Omicron Jatim, Khofifah: Kita Harus Tetap Hati-hati
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan update terkait warga Jatim yang terpapar Covid-19 varian Omicron. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan update terkait warga Jatim yang terpapar Covid-19 varian Omicron.

Ia mengatakan bahwa saat ini kondisinya dalam kondisi baik, dan dijadwalkan dites usap ulang hari ini.

"Kaitan dengan temuan varian omicron di Surabaya Insya Allah hari ini sudah akan diswab. Dan kondisinya cukup baik. Tetapi bahwa kita semua harus tetap waspada. Kita semua harus tetap hati-hati, tapi bahwa ini sesuatu yang tidak boleh menjadikan kita panik," tegas Khofifah, Senin (3/1/2022).

Lebih lanjut ia meminta agar seluruh jajaran untuk mengkoordinasikan agar jangan sampai varian omicron menyebar di Jatim dan menimbulkan lonjakan kasus. Terutama karena sesuai informasi varian omicron memiliki kecenderungan lebih menular.

Baca juga: Berkaca pada Serangan Varian Delta, Ini Antisipasi Pemerintah Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Omicron

"Kita doakan bersama, pasien omicron yang hari ini diswab kita doakan semoga hasilnya negatif," tegas Khofifah.

Ia juga mengingatkan masyarakat bahwa yang terpenting saat ini adalah semua harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan serta percepat vaksinasi.

Khofifah mengatakan, terdeteksinya varian omicron di Jatim ini tak bisa terelakkan. Hal ini dikarenakan salah satu karakter varian ini adalah penularannya yang sangat cepat.

Baca juga: Pakar Kesehatan AS: Analisis Limbah Bisa Bantu Pantau Tingkat Covid-19 dan Prediksi Wabah

“Sekarang yang harus kita lakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas di Jawa Timur, dan jangan sampai terjadi penularan lokal. Saya juga langsung kordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Ka. BNPB serta Menkes,” katanya.

Untuk itu, Khofifah meminta semua pihak untuk menjaga kondisi supaya situasi di Jatim tetap baik dan terkendali. Yakni dengan mempertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, tingkat penularan juga terus diawasi agar bertahan di bawah angka satu persen dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus.

“Waspada penting, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” kata Khofifah.

Baca juga: Wagub Ahmad Riza Patria Sebut 162 Kasus Covid-19 Varian Omicron Terdeteksi di Jakarta

Selain itu, Khofifah juga menekankan pentingnya vaksinasi dalam mencegah penularan omicron. Vaksinasi sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Oleh sebab itu saya meminta semua warga Jatim yang belum mendapatkan dua kali vaksin, apalagi yang sama sekali belum divaksin segeralah mendatangi fasilitas-fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin,” imbuhnya. (Fatimatuz Zahroh)

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Gubernur Khofifah Ungkap Kondisi Terkini Pasien Omicron Jatim: Doakan Bersama

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas