Tribun

Konflik Rusia Vs Ukraina

Arif Masih Menjalani Karantina di Romania, Razali Berharap Putranya itu Segera Dipulangkan ke Aceh

Evakuasi Arif Fadilla bersama rekannya sangat dramatis, mengingat situasi masih perang di Ukraina sehingga membahayakan di jalan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Arif Masih Menjalani Karantina di Romania, Razali Berharap Putranya itu Segera Dipulangkan ke Aceh
Serambinews.com
Rosna Abdullah memperlihatkan foto Arif Fazilla di Gampong Rambong Meunasah Cot, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie, Jumat (4/3/2022). Arif kuliah di Ukraina, yang kini dipindahkan ke Romania. 

Laporan Wartawan Serambi, Muhammad Nazar

TRIBUNNEWS.COM, SIGLI - Razali berharap anaknya Arif Fazilla segera dipulangkan ke Pidie, Aceh, kampung halamannya.

Diketahui Arif Fazilla merupakan salah satu WNI yang berada di Ukraina dan kini masih dalam proses evakuasi ke Indonesia.

Arif bersama 13 orang lainnya harus menempuh jalan darat selama 20 jam untuk menuju Romanid, dengan situasi membahayakan di jalan di tengah invasi Rusia ke Ukraina.

Awalnya, KBRI menyarankan pemindahan itu dilakukan ke Polandia, tapi situasi di Polandia sangat membahayakan.

Arif Fazilla adalah mahasiswa asal Gampong Rambong Meunasah Cot, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie.

Arif Fazilla murid yang cerdas, saat kecil menimba ilmu di SD di Kecamatan Mutiara Timur. Satu tahun belajar di SMP Unggul YPPU Sigli.

Kemudian, Arif Fazilla kecil pindah sekolah ke negeri jiran Malaysia, untuk mengikuti orang tuanya yang telah menjadi warga negara di negara itu.

Di Malaysia, keluarga itu tinggal di Kampong Medan, Petaling Jaya, Seulangor.

Setelah selesai sekolah di Malaysia, Arif Fazilla melanjutkan di salah satu universitas di Rusia dengan memilih fakultas kedokteran.

"Setelah selesai kuliah di Rusia, Arif Fazilla mengambil spesialis penyakit dalam di salah satu kampus di Ukraina. Sejak Januari 2022, Arif Fazilla kuliah di Ukraina, tapi sekarang Ukraina dilanda perang," kata Razali, ayah kandung Arif Fazilla (63), yang dihubungi Serambinews.com, Jumat (4/3/2022) via WhatsApp.

Menurutnya, Arif Fadilla bersama rekannya tidak nyaman lagi tinggal di Ukraina, mengingat situasi perang.

Sehingga, kata Razali, empat hari lalu anaknya telah dipindahkan dari Ukraina ke Romania dengan menempuh jalan darat selama 20 jam.

Evakuasi Arif Fadilla bersama rekannya sangat dramatis, mengingat situasi masih perang di Ukraina sehingga membahayakan di jalan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas