Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemekaran Kabupaten Subang Mulai Dibahas DPRD Subang

Pembicaraan mengenai pembentukan Subang utara itu dengan menghadirkan dinas terkait di Pemkab Subang

Editor: Erik S
zoom-in Pemekaran Kabupaten Subang Mulai Dibahas DPRD Subang
Tribun Jabar/Ahya Nurdin
Gedung DPRD Subang, Jawa Barat 

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG - Pemekaran Kabupaten Subang mulai dibahas DPRD Subang, Jawa Barat.

Pembicaraan mengenai pembentukan Subang utara itu dengan menghadirkan dinas terkait di Pemkab Subang, Kamis (19/5/2022).

Ketua DPRD Subang, H Narca Sukanda mengatakan, pembahasan pemekaran Subang telah dibahas di bamus dan dilanjutkan pembahasannya bersama dinas terkait.

“Dinas terkait yang diundang untuk membahas pemekaran Subang Utara, diantaranya BP4D, BKAD khususnya bagian aset, Bapenda dan dinas lainnya yang ada kaitannya dengan persoalan pembahasan pemekaran Pantura,” ungkap Ketua DPRD Subang H Narca Sukanda.

Baca juga: Pemekaran Papua Kebutuhan Masyarakat guna Meningkatkan Kesejahteraan

Terkait pemekaran Kabupaten Subang, khususnya wilayah pantura, menurut Narca, hal tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang mesti diakomodir dan diperjuangkan.

“Kami sebagai lembaga wakil rakyat tentu harus mendengar apa yang diharapkan oleh masyarakat, dan aspirasi tersebut akan kita perjuangkan dengan mewujudkan harapan masyarakat tersebut,” katanya.

Selaku Ketua DPRD Subang, dia mendukung apa yang menjadi aspirasi masyarakat Pantura Subang yang menginginkan pemekaran.

BERITA TERKAIT

"Sejauh ini lembaga DPRD Subang mendukung langkah-langkah yang ditempuh untuk pemekaran Pantura Subang, seperti halnya menganggarkan anggaran untuk biaya kajian pemekaran sebesar Rp 400 juta,"ucapnya.

Narca juga menjelaskan, apa yang menjadi persyaratan pemekaran daerah mesti dipenuhi. Jika sudah memenuhi persyaratan akan diajukan ke Gubernur Jabar dan Mendagri.

Baca juga: Pelaku Perampasan Nyawa di Subang Ditangkap, Pembunuhan Berawal Kesalahpahaman Pelaku pada Korban

"Mudah-mudahan semua aspek persyaratan bisa dipenuhi, agar secepatnya bisa kita ajukan ke Gubernur Jabar" katanya

Kabag Perekonomian Setda Pemkab Subang, Nurudin mengatakan, perekonomian di pantura Subang mencapai 60 persen.

"Kegiatan Perekonomian Kabupaten Subang, 60 persen ada di wilayah Pantura, begitu juga dengan sektor pertanian, perikanan juga mayoritas berlangsung di Pantura," ungkap Kabag Perekonomian Pemkab Subang, Nurudin.

Selain itu, Wilayah Pantura Subang ke depan berpotensi maju pesat karena ditunjang dengan adanya Pelabuhan Internasional Patimban.

"Dampak Pelabuhan Internasional Patimban di Pantura sudah terlihat, mulai dari pembangunan hotel-hotel, mall, pusat pertokoan dan perbankan yang berkembang pesat,"Katanya(*)

Penulis: Ahya Nurdin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pembentukan Kabupaten Subang Utara Mulai Dibahas di Dewan,Terungkap Fakta Pantura Subang Menggiurkan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas