Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polres Subang Gandeng Solidaritas Ulama Muda Indonesia Jabar Antisipasi Khilafatul Muslimin

Kapolres Subang, AKBP Sumarni, mengatakan, perlu peran masyarakat memonitor gerakan-gerakan Khilafatul Muslimin

Editor: Erik S
zoom-in Polres Subang Gandeng Solidaritas Ulama Muda Indonesia Jabar Antisipasi Khilafatul Muslimin
tribunjabar/fauzi noviandi
Kapolres Subang AKBP Sumarni 

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG -  Polres Subang menggandeng Solidaritas Ulama Muda Indonesia (Samawi) Jawa Barat antisipasi penyebaran paham radikalisme dan Khilafatul Muslimin.

Kapolres Subang, AKBP Sumarni, mengatakan, perlu peran masyarakat memonitor gerakan-gerakan Khilafatul Muslimin.

Baca juga: FAKTA Sekolah Khilafatul Muslimin, Ada 31 di Indonesia, Tolak UUD 1945 & Beri Gelar Sarjana Khilafah

"Sebab, kelompok tersebut diduga berupaya menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi khilafah,"ujar Kapolres Subang, AKBP Sumarni, saat ditemui Tribunjabar.id di ruang kerjanya Kamis (16/6/2022).




Menurut Sumarni, paham radikalisme dan intoleran harus diwaspadai sejak dini agar tak tumbuh di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah Subang.

"Masyarakat kami minta untuk sama-sama memonitor kegiatan-kegiatan di lingkungan masing-masing. Jka menemukan adanya paham radikal atau ajaran-ajaran yang bertentangan dimohon untuk segera melapor," Kata Sumarni.

Polres Subang juga menggandeng ulama muda yang tergabung dalam Samawi untuk mengajak generasi milenial dalam mengantisipasi radikalisme dan intoleransi di Kabupaten Subang.

"Kita berharap mereka bisa mengajak masyarakat dan para milenial generasi muda yang ada di Kabupaten Subang agar tak terpengaruh dan terbawa arus gerakan radikalisme dan intoleransi," katanya.

Baca juga: MUI Sebut Kelompok Khilafatul Muslimin Virus Berbahaya dan Rugikan Umat Islam

BERITA TERKAIT

Wakil Ketua Samawi Jawa Barat, Toto Ubaidillah Haz, mengatakan, Samawi menjadi mitra strategis Polri dalam upaya menangkal radikalisme dan intoleransi.

"Kita para ulama muda diminta untuk menjadi gerbang terdepan memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat untuk waspada dengan bahaya radikalisme dan intoleransi khususnya yang ada di wilayah hukum Polres Subang," ucapnya.

Saat ini, kata Toto, di luar Kabupaten Subang sudah ada beberapa orang dari pengurus gerakan radikalisme dan intoleransi seperti Khilafatul Muslimin yang ditangkap.

Baca juga: Muncul Penolakan dari Warga, Begini Nasib Ratusan Santri di Ponpes Khilafatul Muslimin Bekasi

"Kita berharap di Kabupaten Subang jangan sampai terjadi seperti di daerah lain, dan jangan sampai juga masyarakat terhasut dan terjerumus ke gerakan radikalisme seperti Khalifatul Muslimin," katanya.

Untuk itu, menurutnya, perlu bersama-sama melakukan antisipasi agar Khilafatul Muslimin tidak ada di Kabupaten Subang.

"Kita bersama-sama untuk membimbing dan membina masyarakat, jangan sampai masyarakat terpapar paham-paham berseberangan dengan prinsip bernegara," ucapnya. (*)

Penulis: Ahya Nurdin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Cegah Khilafatul Muslimin Beredar di Subang, Polres Gandeng Solidaritas Ulama Muda Indonesia Jabar

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas