Tribun

Menparekraf Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Lapangan Kerja Baru di Riau

Menparekraf Sandiaga Uno memberikan pelatihan pembuatan sabun cream dan hand rub yang terbuat dari bahan limbah cangkang sawit.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Menparekraf Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Lapangan Kerja Baru di Riau
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) memberikan pelatihan pembuatan sabun cream dan hand rub dari bahan limbah cangkang sawit. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) memberikan pelatihan pembuatan sabun cream dan hand rub yang terbuat dari bahan limbah cangkang sawit.

Sandiaga menginginkan masyarakat lebih terampil dalam membuka peluang usaha serta meningkatnya perekonomian di daerah Pekanbaru.

"Kami melakukan pelatihan ini untuk meningkatkan penghasilan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat Pekanbaru. Tentu mereka harus diberikan solusi bagaimana mengakses biaya hidup yang lebih terjangkau serta meningkatkan omsetnya, karena Riau kaya akan sumber daya alam," kata Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima, Sabtu (20/8/2022).

Sandiaga mengatakan, hasil dari pelatihan ini pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Hermanto Dardak Merupakan Sosok yang Baik dan Banyak Berjasa

Dengan begitu, dapat terbuka peluang usaha untuk kemandirian ekonomi yang lebih kuat.

"Produk pelatihan ini akan kita fasilitasi dengan menandatangani MOU kepada BPOM, hal ini akan mempercepat prosesnya agar produk-produk yang dihasilkan oleh para UMKM masuk pada e-katalog lokal," ucapnya.

Tak hanya itu, dengan adanya pelatihan ini diharapkan mendukung kemajuan masyarakat Riau serta sumber daya alamnya, menjadi peluang bagi kita semua. Sehingga target 1,1 juta lapangan kerja bisa tercapai pada potensi implasi kedepan.

"Kemenparekraf akan siap mensupport agar masyarakat Riau bisa lebih bangkit dalam menghadapi tantangan ekonomi kedepan," pungkasnya.

Baca juga: Harga Mi Instan akan Naik Tiga Kali Lipat, Menparekraf Wanti-wanti Pelaku UMKM dan Anak Kos

Sementara itu, Ketua Umum Gemawira Awaliya Rahman mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan. Sehingga ini memiliki dampak besar bagi semua kalangan khususnya millenial untuk menciptakan lapangan kerja baru.

"Saya sangat berterima kasih dengan Bapak Sandiaga Uno dengan adanya pelatihan ini kami dapat inovasi baru untuk memulai usaha dan membuka lapangan kerja baru dan emak-emak dapat lebih produktif," jelas Awaliya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas