Tribun

Konser Suara 1.000 Sasando di Labuan Bajo Pecahkan Rekor MURI

Alat musik tradisional khas NTT, Sasando merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang telah digunakan sejak abad ke-7.

Penulis: Hendra Gunawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Konser Suara 1.000 Sasando di Labuan Bajo Pecahkan Rekor MURI
HO
Pemerintah Provinsi NTT bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dekranasda NTT menyelenggarakan Konser Suara 1.000 Sasando. 

TRIBUNNEWS.COM - Guna melestarikan musik tradisional Sasando asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Pemerintah Provinsi NTT bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan Dekranasda NTT menyelenggarakan Konser Suara 1.000 Sasando.

Kegiatan ini bertajuk Magical Sound of Sasando for The World di Waterfront City Labuan Bajo, Rabu (28/9/2022) malam.

Konser Suara 1.000 Sasando ini berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Launching SKJ Pelajar Pecahkan Rekor MURI, Menpora Amali Harap Pelajar Harus Sehat dan Bugar

Penghargaan diberikan langsung oleh perwakilan MURI kepada Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT yang diterima oleh Ketua Dekranasda NTT, Julie Sutrison Laiskodat.

Penghargaan juga diberikan kepada Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu mewakili masyarakat Pulau Rote NTT, asal musik sasando.

Alat musik tradisional khas NTT ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang telah digunakan sejak abad ke-7. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya sebagai generasi penerus untuk melestarikannya.

Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring, Gubernur NTT Viktor Laiskodat menyatakan, tidak ada sasando di dunia, selain dari Pulau Rote NTT.

“Seperti artinya sasandu yaitu bergetar atau berbunyi maka musik sasando juga harus digetarkan ke seluruh dunia, Magical Sound of Sasando for The World," ungkap Laiskodat.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota OASE KIM.

Acara yang diselenggarakan secara hybrid di Waterfront Marina Labuan Bajo dan melalui zoom serta youtube ini juga dihadiri oleh ribuan masyarakat di NTT serta perwakilan para duta besar di seluruh dunia serta duta besar negara-negara sahabat melalui zoom.

Music Director acara Konser 1000 Sasando, Izhu Nisroni menyampaikan, 1000 pemain sasando yang sudah berlatih selama kurang lebih dua bulan tersebut merupakan para pelajar NTT asal Kupang dan Labuan Bajo.

Konser Suara 1000 ini juga dimeriahkan musisi-musisi ternama tanah air seperti Gerry Gany X Factor, Conrad Good Vibration, Inez Dona, Rizal Masai, Roli Lede, Izhu Nisnoni & Friends, dan J&D Project Band.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas