Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pesan Pangdam Siliwangi di Milad Ke-64 Unisba: Jaga dan Rawat Pancasila

Pangdam berpesan agar mengembangkan sikap dan perilaku yang menujukkan kunci kesuksesan, yakni memiliki mimpi besar

Editor: Erik S
zoom-in Pesan Pangdam Siliwangi di Milad Ke-64 Unisba: Jaga dan Rawat Pancasila
Istimewa
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof. Edi Setiadi (kiri) dan  Panglima Komandan Daerah Militer III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo seusai mengikuti acara Milad ke-64 yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Utama Unisba, pada Selasa (15/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nico Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar milad ke-64 yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Utama Unisba, pada Selasa (15/11/2022).

Pada Sidang Terbuka Terbatas Senat Unisba sebagai acara puncak, Panglima Komandan Daerah Militer III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo berpesan agar para mahasiswa dan mahasiswi menjaga dan merawat Pancasila sebagai dasar negara.

Baca juga: PTIQ Wisuda 794 Mahasiswa, Nasaruddin Umar: Tetaplah Miliki Landasan Kuat pada Pengamalan Alquran

“Tak Indonesia tanpa Pancasila, karenanya selagi masih menganggap Merah Putih sebagai kebanggaan maka ada Pancasila sebagai bentengnya,” katanya dalam orasi ilmiahnya.

Kunto juga berpesan agar mengembangkan sikap dan perilaku yang menujukkan kunci kesuksesan, yakni memiliki mimpi besar, selalu bersikap dan berlaku fokus pada target, optimistis, fleksibel hingga melakukan dengan segenap hati.

“Itulah kunci sukses yang penting dicamkan jika kita hidup dalam dunia yang serba tidak pasti ini. Segalanya cair dan tak ada yang baku. Satu hal yang pasti yaitu Indonesia adalah tanah air, tumpah darah, tempat kita dibesarkan dan tempat kita mati. Berbuatlah yang terbaik untuk Indonesia sesuai dengan spesialis masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor Unisba Prof. Edi Setiadi mengungkapkan, Unisba telah mencapai derajat tertinggi sebagai sebuah perguruan tinggi yang secara formal sudah diakui dan disejajarkan dengan perguruan tinggi lain yakni memperoleh predikat ‘Unggul’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BERITA TERKAIT

“Sebuah predikat yang menjadi impian dan target dari semua perguruan tinggi. Predikat Unggul mencerminkan bahwa suatu perguruan tinggi tersebut memiliki berbagai keunggulan di segala lini,” terangnya.

Menurutnya, capaian ini merupakan sumber ilham dan inspirasi dalam mengembangkan Unisba dari seluruh civitas akademika yang meliputi tendik, dosen dan mahasiswa, serta yayasan.

Baca juga: Kampus Diharapkan Bisa Menjawab Tantangan Revolusi Industri 5.0 dengan Pembenahan Kurikulum

Harapan yang belum tercapai, kata Rektor, akan menjadi tekadnya untuk dapat digapai dengan menyinambungkan program kerja sebelumnya dengan program strategis yang telah digariskan pada masa periode kedua ini dan tidak akan terputus.

“Tahun kedua masa jabatan, Insya Allah arah pengembangan Unisba ditujukan untuk pencapaian visi Unisba 2033. Jangka panjang akan fokus pada internasionalisasi kampus dan peningkatan implementasi ruhuddin,” ungkap Rektor.

Tahun ini Unisba diberikan anugerah dengan bertambahnya dua orang guru besar yakni Prof. Hilyati Hindersah, dan Prof. Ike Junita Triwardhani.

“Bertambahnya cacah guru besar bukanlah semata-mata cita-cita atau pilihan personal akan tetapi juga merupakan cita-cita institusional. Peningkatan jumlah guru besar mempunyai dimensi institusional yang akan membawa perubahan yang berkemajuan,” ungkap Rektor.

Kepada alumni rektor berpesan, di momentum Milad ke-64 ini  agar tetap menjaga dan membantu membesarkan Unisba.

Ragam aktifitas dapat dikreasikan dengan berbagai pihak guna menunjang kemajuan Unisba.

Baca juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Ajak Kampus Ikut Bantu Pemerintah Hadapi Ancaman Krisis

“Kami menunggu kiprah alumni dalam berbagai aktifitas di Unisba. Rumah Sakit Pendidikan Unisba sudah mulai digarap, kami memerlukan peran alumni dengan kapasitasnya masing-masing untuk mewujudkan cita-cita Unisba mempunyai Rumah Sakit Pendidikan Utama yang mandiri,” tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas