Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Wali Kota Sukabumi akan Berikan Sanksi Jika RS Swasta Tak Menerima Pasien Korban Gempa Cianjur

Wali Kota menjelaskan, di wilayah Kota Sukabumi saat ini aman, tidak ada dampak gempa bumi Cianjur

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Wali Kota Sukabumi akan Berikan Sanksi Jika RS Swasta Tak Menerima Pasien Korban Gempa Cianjur
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI
Warga menyaksikan bangunan mini market yang rusak berat di Jalan Raya Cugenang, Desa/Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Kecamatan Cugenang salah satu wilayah yang sangat parah terdampak gempa berkekuatan 5.6 magnitudo yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 sekitar pukul 13.21 WIB. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Sejumlah korban gempa bumi dibawa ke RSUD R Syamsudin, SH (Bunut) Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Jika di RSUD Bunut sudah tidak bisa menampung pasien korban gempa bumi Cianjur magnitudo 5,6, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sejumlah Rumah Sakit Swasta yang ada di Kota Sukabumi.

Jika RS swasta di Kota Sukabumi menolak pasien korban gempa bumi Cianjur, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, akan mengenakan sanksi.

"Kalau pun memang nanti kiriman atau distribusi dari Cianjur melebihi kapasitas yang ada, kami akan meminta RS Swasta untuk juga menerima pasien-pasien dari Cianjur.

Baca juga: BNPB: Korban Meninggal Dunia Gempa Cianjur 268 Orang, 1.083 Orang Luka-luka

Inilah babnya bab kemanusiaan, dan mari sama-sama berikan dukungan untuk itu. Tadi Dinas Kesehatan sudah melakukan konsolidasi baik (RS) Asyifa, kemudian juga Ridhogalih, Hermina, Setukpa, kita juga sudah koordinasi," ujar Achmad Fahmi di RSUD Bunut, Selasa (22/11/2022).

"Insyaallah kalau sementara ini ditangani dulu oleh Bunut, yang lebihnya kita akan memberikan sanksi ketika mereka (RS Swasta, red) nggk menerima, kita akan laporkan kepada Kementerian," tegas Achmad Fahmi.

Ia menjelaskan, di wilayah Kota Sukabumi saat ini aman, tidak ada dampak gempa bumi Cianjur.

"Alhamdulillah di Sukabumi aman tidak ada yang mengkhawatirkan, tidak ada masalah," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul RS Swasta di Sukabumi yang Tak Terima Pasien Korban Gempa Cianjur Akan Dapat Sanksi

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas