Tribun

Kelompok Bersenjata di Papua

Kontak Senjata Diduga dengan KKB di Yahukimo, Bripda Gilang Meninggal Setelah Sempat Dirawat di RS

Bripda Gilang Aji Prasetyo meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kontak Senjata Diduga dengan KKB di Yahukimo, Bripda Gilang Meninggal Setelah Sempat Dirawat di RS
istimewa
Ilustrasi - Satu dari tiga anggota Brimob Polda Lampung yang terlibat kontak senjata dengan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan meninggal dunia. 

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Satu dari tiga anggota Brimob Polda Lampung yang terlibat kontak senjata dengan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan meninggal dunia.

Ketiga anggota Brimob yang terlibat kontak senjata di Jembatan 2 Jalan Poros Logpon Kilometer 7, Kabupaten Yahukimo, Rabu (30/11/2022) sore tersebut yakni Bripda Gilang Aji Prasetyo, Briptu Fazuarsah, dan Bripda Dona Bagaskara.

Bripda Gilang Aji Prasetyo meninggal dunia setelah sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit.

"Adanya kontak senjata antara personel Satgas Ops Damai Cartenz dengan sekelompok orang yang diduga KKB Papua di wilayah Yahukimo sehingga mengakibatkan satu personel dinyatakan meninggal dunia," kata Kepala Bidang Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Rabu malam.

Baca juga: Dugaan Dana Desa Mengalir ke KKB, Kepala BNPT Boy Rafli Amar: Bakal Ditelusuri

"Satu personel atas nama Bripda Gilang Aji Prasetyo gugur setelah sempat dirawat di Rumah Sakit (RS) Dekai akibat luka tembak," kata Pandra saat dihubungi, Rabu malam.

Kronologi

Kontak senjata ini berawal saat satu regu satgas melakukan patroli cipta kondisi Harkamtibmas sejauh 7 km.

Begitu mendekati jembatan di lokasi, regu satgas ini diadang oleh sekelompok orang bersenjata yang diduga adalah KKB Papua.

"Dari arah sebelah kiri bawah jembatan, tiba-tiba regu satgas ditembaki secara brutal ke arah kendaraan yang dinaiki regu satgas," kata Pandra.

Akibatnya, terjadi kontak senjata antara petugas dan anggota KKB Papua tersebut.

Tiga anggota regu mengalami luka tembak akibat kontak senjata tersebut.

Bripda Gilang yang mengalami luka tembak parah meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit.

Pandra menambahkan, jenazah Bripda Gilang rencananya akan tiba pada Kamis (1/12/2022) di Lampung dan langsung dikebumikan di kampung halamannya di Kecamatan Merbau Mataram, Kabupaten Lampung Selatan.

"Bripda Gilang adalah anggota Kompi 1 Yon C Satbrimob Lampung Utara. Rencananya akan dimakamkan di Lampung Selatan," kata Pandra.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul 3 Brimbob Tertembak dalam Kontak Senjata dengan Diduga KKB di Yahukimo, 1 Anggota Gugur

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas