Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspada Cuaca Ekstrem, Kapolda Jateng Imbau Warga Tak Berlebihan Rayakan Tahun Baru

Polda Jawa Tengah mengimbau masyarakat agar tidak merayakan malam tahun baru 2023 dengan pesta yang berlebihan terkait cuaca ekstrem.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Waspada Cuaca Ekstrem, Kapolda Jateng Imbau Warga Tak Berlebihan Rayakan Tahun Baru
Dok. Humas Polri
Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengimbau masyarakat agar tidak merayakan malam tahun baru 2023 dengan pesta yang berlebihan. Hal ini disampaikan Polda Jateng terkait potensi cuaca ekstrem di akhir tahun 2022 ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengimbau masyarakat agar tidak merayakan malam Tahun Baru 2023 dengan pesta yang berlebihan.

Hal ini disampaikan Polda Jateng terkait potensi cuaca ekstrem di akhir tahun 2022 ini.

Ahmad Luthfi mengungkapkan masyarakat diharap tidak menyalakan kembang api saat pergantian tahun.

“Kami imbau kepada masyarakat agar tidak mengadakan pesta perayaan tahun baru yang berlebihan. Menyalakan kembang api dan lain-lain juga tidak usah dilakukan."

"Cukup merayakan dengan berdoa bersama keluarga di tempat-tempat yang telah ditentukan,” ungkap Ahmad Luthfi, Kamis (29/12/2022), dikutip dari laman Polri.

Kapolda Jateng menjelaskan sebanyak 16.780 personel TNI dan Polri yang melakukan pengamanan ke sejumlah titik yang telah ditentukan.

Baca juga: Polri Perketat Pengawasan di Pelabuhan Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru 2023

“Terkait pengamanan tetap dilakukan seperti operasi Lilin Candi. Jadi, artinya bahwa perayaan tahun baru menjadi bagian dari operasi Lilin Candi."

BERITA TERKAIT

"Ada 16.780 personel TNI/Polri yang hingga kini belum ditarik. Jadi, perayaan ini memang luar biasa. Kami harapkan tidak ada gangguan yang mencolok,” terang Ahmad Luthfi.

Mantan Kapolresta Surakarta mengatakan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk terus bersama-sama melakukan sinergisitas membantu dan melayanani masyarakat dalam situasi cuaca buruk saat ini.

Potensi Hujan di Jawa Tengah saat Tahun Baru

Ilustrasi Hujan Deras.
Ilustrasi Hujan Deras. (TribunJogja/Ist)

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jawa Tengah termasuk dalam wilayah yang berpotensi turun hujan saat momen Tahun Baru 1 Januari 2023.

Sebagian wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat.

Baca juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem hingga Bencana, Satgas Kontijensi Polairud Siagakan 625 Personel

Dikutip dari laman BMKG, Jawa Tengah bersama Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara berpotensi hujan intensitas lebat hingga sangat lebat dapat terjadi mulai tanggal 30 Desember 2022.

Potensi hujan tersebut dapat berlanjut hingga 1 Januari 2023 dini hari.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, menyebut selain Jabodetabek, daerah yang perlu diwaspadai terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat adalah Banten bagian barat dan selatan, Jawa Barat bagian tengah dan utara, Jawa Tengah bagian utara, Jawa Timur bagian utara, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dasar pertimbangan dari masih signifikannya potensi cuaca ekstrem tersebut adalah karena masih teridentifikasi aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer yang dapat memicu peningkatan curah hujan," ujarnya.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas