Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Selidiki Hilangnya Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Malang 

Polres Batu turun tangan menyelidiki pencurian Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang, Kab Malang.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Polisi Selidiki Hilangnya Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Malang 
kolase Suryamalang/Tribunnews
kolase foto lokasi hilangnya Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang sudah diberi garis polisi dan ilustrasi maling 

TRIBUNNEWS.COM, BATU - Polres Batu turun tangan menyelidiki pencurian Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang, Senin (20/2/2023) kemarin.

Menurut Kasat Reskrim Polres Batu AKP Yussi Purwanto, pihaknya telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Saat ini masih dilidik terkait hilangnya arca di Candi Ganter Ngantang,” kata AKP Yussi Purwanto kepada Suryamalang.com, Selasa (21/2/2023).

Dari hasil olah TKP, diketahui awal mula pencurian arca bersejarah yang memiliki diameter tinggi sekitar 1,5 meter-2 meter dengan lebar sekitar 1 meter itu, setelah warga yang hendak mencari rumput ke hutan melihat bekas jejak goresan di jalan yang mengarah ke TKP.

“Jadi warga bernama Pak Agik Susanto sekitar pukul 07.00 WIB berangkat mencari rumput ke hutan. Saat perjalanan ia menemukan selimut di tepi jalan dan bau dupa. Karena merasa curiga ia kemudian menelusuri bekas jejak goresan yang ada di jalan dan mengarah pada TKP hilangnya arca. Begitu tahu arca hilang ia langsung melaporkan hal itu pada perangkat desa Tulungrejo,” jelasnya.

Diduga kuat bekas jejak goresan yang ada di jalan merupakan jejak pencuri saat menyeret arca dari tempat semula menuju kendaraan.

Baca juga: Kepala Arca Ditemukan di Situs Sirgading Malang, Diduga Terkait Masa Sebelum Kerajaan Majapahit

Sementara itu, Sekdes Desa Tulungrejo, Teguh Wibowo, memperkirakan arca itu hilang pada tengah malam menjelang pagi.

BERITA TERKAIT

Sebab warga sempat mendengar suara kendaraan roda empat melintas dari arah candi.

Namun warga tak begitu memperhatikan mobil apa yang melintas.

Pihaknya menduga pencuri yang mengambil arca itu berjumlah lebih dari dua orang, atau bahkan bisa lebih karena arca tersebut tak akan kuat apabila diangkat hanya dengan dua orang.

“Ya kemungkinan pelakunya lebih dari dua orang. Tidak mungkin kuat kalau diangkat dua orang. Tapi soal itu nanti biar pihak kepolisian yang bertugas,” ujar Teguh Wibowo.

Pihaknya berharap arca segera ditemukan dan pelaku segera ditangkap

Artikel ini telah tayang di SuryaMalang.com dengan judul Pelaku Pencurian Arca Batara Wisnu di Candi Ganter Malang Tinggalkan Jejak

Sumber: Surya Malang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas