Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Lepas Puluhan Bus Mudik Gratis ke Sumatera Mulai Besok

Pemprov Jateng bekerja sama dengan PT Sido Muncul dan sejumlah perusahaan swasta lain di Jawa Tengah memberikan bantuan mudik gratis.

Editor: Content Writer
zoom-in Ganjar Lepas Puluhan Bus Mudik Gratis ke Sumatera Mulai Besok
Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan melepas bus kloter pertama pemudik ke Sumatera besok (13/04/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JATENG - Momen mudik menjadi salah satu momen yang paling ditunggu menjelang hari raya Idul Fitri. Momen istimewa ini juga dilakukan sebagai upaya menjaga tali silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) yang dilakukan Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), diprediksi pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini meningkat 14,2 persen jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

Untuk membantu para pemudik kembali ke kampung halaman, Pemprov Jateng bekerja sama dengan PT Sido Muncul dan sejumlah perusahaan swasta lain di Jawa Tengah memberikan bantuan mudik gratis. Salah satunya bagi para warga jawa tengah yang merantau di pulau Sumatera dan hendak mudik ke kampung halamannya.




Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyediakan 30 bus mudik gratis bagi para perantau dari Sumatera. Diperkirakan sebanyak 1.367 pemudik dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Lampung akan pulang ke Jawa Tengah, mulai Kamis (13/4/2023) besok.

Rombongan pemudik dari Sumatera ini rencananya akan dibagi menjadi tiga kloter. Kloter pertama pemudik dari Sumatera Utara akan berangkat Kamis, pukul 10.00 WIB. Sebanyak 617 pemudik diangkut menggunakan 15 bus, berangkat dari Gedung Serba Guna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kloter kedua berisi 250 pemudik dari Sumatera Selatan. Mereka akan berangkat menggunakan 5 bus, pada Sabtu (15/4/2023) pagi. Kloter ketiga, pemudik dari Lampung sebanyak 500 pemudik, berangkat Sabtu (15/4/2023) sore.

Purwono, salah satu peserta mudik gratis ini mengatakan, baru pada era Ganjar Pranowo, pemudik yang berasal dari Sumatera mendapat fasilitas mudik gratis. "Biasanya satu orang butuh Rp500 ribu untuk mudik dari Lampung, itu belum makan. Kalau saya ada 4 orang anggota keluarga, jadi ini hemat biaya sampai Rp2 juta," ucap pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani.

BERITA TERKAIT

Ia berharap, program mudik gratis tersebut dapat dilaksanakan tiap tahun. "Terima kasih, Pak Ganjar. semoga program ini berlangsung setiap tahun," katanya.

Koordinator Mudik Gratis Lampung, Iwoek menuturkan, khusus pemudik dari Lampung dan Sumatera Selatan, pelepasan keberangkatan akan dijadikan satu. "Semua bus itu nanti berkumpul di rest area Trans Sumatera di Bandar Lampung. Rencananya akan dilepas berangkat oleh Pak Ganjar secara virtual, Sabtu malam," terangnya, Rabu (12/4/2023).

Dia pun menambahkan, mudik gratis tahun ini sangat meriah. Total ada 30 bus mudik gratis bagi perantau Jateng di Sumatera. Selain itu, untuk kebutuhan perjalanan sudah terjadwalkan. Di antaranya rute, makan sahur dan berbuka puasa.

"Kami pastikan perjalannya asik, aman dan nyaman. Busnya fasilitas lengkap dan kami akan memastikan semua pemudik sehat," katanya.

Koordinator Mudik Gratis Sumatera Utara, Suwanto menuturkan, pemudik sangat antusias dengan program mudik gratis yang digagas Gubernur Ganjar Pranowo. "Kami senang pemimpin daerah peduli dengan warganya yang merantau, teman-teman bisa menghemat biaya perjalanan, dan yang penting aman," kata Ketua Semua Anak Rantau (Semar) Nusantara itu. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas