Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD Basuh Tangan di Sumur Belakang Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende

Bung Karno dibuang ke Ende Flores pada 28 Desember 1933 atas dasar tuduhan kegiatan politik yang membahayakan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Mahfud MD Basuh Tangan di Sumur Belakang Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende
TRIBUNFLORES.COM/ALBERT AQUINALDO
Suasana Rumah Pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, saat kunjungan Mahfud MD pada Kamis (1/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, ENDE - Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD membasuh tangan dari air Sumur Bung Karno saat mengunjungi rumah pengasingan Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno di Ende Flores NTT.

Saat berada di dalam rumah pengasingan itu, Plt Menkominfo juga meninjau barang barang peninggalan Bung Karno yang masih tertata.

Mahfud MD didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Bupati Ende Djafar Ahmad dan sejumlah pejabat.

Rombongan Menko Polhukam itu tiba di Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira, Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Tengah, Kamis (1/6/2023) sekira pukul 07.30 WITA.

Baca juga: Mahfud MD: Ada Anggota DPR Punya Kantor Pengacara, Setiap Ketemu Polisi atau Jaksa Minta Tolong

Penjaga Rumah Pengasingan Bung Karno, Safrudin mengatakan usai Mahfud MD melihat barang-barang peninggalan Bung Karno dan membasuh tangan di sumur peninggalan Bung Karno yang terletak di belakang rumah.

Mahfud juga berpesan agar tetap menjaga situs bersejarah itu.

Kunjungan Mahfud MD ke Rumah Pengasingan Bung Karno itu dilakukan sebelum memimpin upacara peringatan Hari Pancasila tahun 2023 di Lapangan Presiden Soekarno atau Lapangan Perse Ende.

BERITA REKOMENDASI

Rumah Pengasingan Bung Karno itu diresmikan sebagai Rumah Museum pada tanggal 16 Mei 1954 saat kunjungan kedua Soekarno setelah dirinya menjadi Presiden Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 1951 atau setelah enam tahun Indonesia merdeka, Soekarno juga mengunjungi Ende untuk pertama kalinya sebagai Presiden Indonesia.

Soekarno bertemu Haji Abdullah Ambuwaru selaku pemilik rumah dan menyatakan keinginannya agar rumah tersebut dijadikan museum.

Rumah Pengasingan Bung Karno ditempati oleh proklamator sejak dibuang ke Ende Flores pada 28 Desember 1933 atas dasar tuduhan kegiatan politik yang membahayakan.

Sebelumnya, ia dipenjarakan selama delapan bulan tanpa proses pengadilan setelah ditangkap Belanda.

Bung Karno yang saat itu berusia 32 tahun, tinggal berserta istrinya, Inggit Garnasih; mertuanya, Ibu Amsi; dan kedua anak angkatnya, Ratna Juami dan Kartika menghabiskan waktu mereka selama empat tahun.

Pada tanggal 18 Oktober 1938, Bung Karno dipindah dari Ende ke Bengkulu.(ian)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Didampingi Wagup NTT Nae Soi, Menko Polhukam Mahfud MD Basuh Tangan di Sumur Bung Karno

Sumber: Pos Kupang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas