Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisah Sys Santo Delvis, Anak Muda yang Terjun ke Politik Ikuti Jejak Sang Ayah

Sys Santo Delvis, anak dari Ketua DPRD Subang Narca Sukanda menceritakan bagaimana dirinya bisa terjun ke dunia politik.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kisah Sys Santo Delvis, Anak Muda yang Terjun ke Politik Ikuti Jejak Sang Ayah
Istimewa
Sekretaris Panitia Acara Kirab Pemuda dan Helaran Seni Budaya Subang, Sys Santo Delvis dalam acara Kirab Pemuda dan Helaran Seni Budaya di Alun-Alun Kecamatan Pagaden, Subang, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sys Santo Delvis, anak dari Ketua DPRD Subang Narca Sukanda menceritakan bagaimana dirinya bisa terjun ke dunia politik.

Ia menyebut momentum itu terjadi ketika dirinya diajak sang ayah bertemu Tokoh Pemuda Nasional yang juga politikus PDIP, Maruarar Sirait di salah satu rest area Subang pada tahun 2017.

Dalam pertemuan itu, pemuda 24 tahun ini menyadari bahwa politik bukan hanya terbatas milik orang tua. Ia sadar bahwa anak muda seperti dirinya juga seharusnya terlibat.

"Tahun 2017, saya diajak ayah bertemu Bang Ara di rest area Subang, sedang menggelar reses. Saya berpikir dan dapat inspirasi saat itu bahwa politik itu bukan hanya milik orang-orang tua saja, tetapi juga anak muda. Saat itu saya langsung tertarik ke dunia politik,” kata Sys kepada wartawan, Jumat (16/6/2023).

Sys mengaku kagum dengan Ara Sirait karena banyak mendapat pelajaran bahwa terjun ke masyarakat tak harus selalu ada kepentingan.

“Yang saya kagumi dari Bang Ara, tidak selalu ada keinginan apa dibalik aktivitasnya, ia mengajarkan bahwa terjun ke masyarakat tidak harus selalu ada kepentingan tetapi ketulusan untuk berbuat,” ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa anak muda jangan hanya oportunis, tapi juga harus selektif jika ingin berpolitik dan masuk partai. Sebab menurutnya tidak semua partai memberikan ruang bagi anak muda seperti dirinya.

BERITA TERKAIT

“Prinsip yang utama adalah melakukan yang terbaik, bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya berbagi kiat.

Pemuda yang bergabung di PDIP ini mengaku siap untuk berlaga di Pileg Subang pertamanya dengan memelihara jaringan rintisan sang ayah. Menurutnya jejaring yang sudah terawat itu tinggal ditambal jika dirasa ada kekurangan.

“Istilahnya selama jaringan Bapak sudah terawat baik, dapil 6, saya tinggal menambal kekurangan jaringan yang sudah ada,” katanya.

Ia mengatakan jika dipercaya sebagai anggota dewan, dirinya berjanji akan turun ke masyarakat untuk mengetahui langsung dan membantu menyelesaikan permasalahan warga.

“Anak muda jangan oportunis, harus pintar, memilih untuk rakyat dan yang baik untuk diri sendiri, harus jeli untuk memilih partai, jangan pernah takut,” ujar dia.

Kendati tergolong muda terjun ke politik,  Sys tetap optimis lantaran pada Pileg Subang sebelumnya, ada pemuda berusia yang lebih muda darinya yakni 21 tahun terpilih sebagai anggota DPRD Subang.

Baca juga: Meriahkan Kirab Pemuda di Subang, Ara Sirait Berikan Satu Tiket Laga Indonesia Vs Argentina  

“Saya tergantung partai saja kalau partai tugaskan saya akan lakukan. Bagaimana baiknya partai saja,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas