Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Terjadi di Perairan Selatan Cilacap hingga Yogyakarta

BMKG juga mengahimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim BMKG

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Terjadi di Perairan Selatan Cilacap hingga Yogyakarta
Tribun Bali/Istimewa
Ilustrasi Ombak Tinggi -Potensi gelombang sangat tinggi akan terjadi di perairan selatan dan samudera hindia selatan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY sejak Rabu (5/7/2023) pukul 07.00 WIB hingga Kamis (6/7) pukul 07.00 WIB 

Laporan Wartawan Tribun Banyumas Pingky Setiyo Anggraeni

TRIBUNNEWS.COM, CILACAP - Potensi gelombang sangat tinggi akan terjadi di perairan selatan dan samudera hindia selatan Jawa Tengah, Jawa Barat dan DIY sejak Rabu (5/7/2023) pukul 07.00 WIB hingga Kamis (6/7) pukul 07.00 WIB..

BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, menyebut daerah-daerah yang diperkirakan diterpa gelombang tinggi yang berkisar antara 4-6 meter antara lain perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta.

Berpotensi terjadi pula di perairan selatan Jawa Barat seperti di perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Baca juga: Terseret Ombak Pantai Pangandaran saat Hendak Menolong Rekan yang Tenggelam, Ramdani Belum Ditemukan

Di Samudera Hindia selatan Jawa Barat, gelombang sangat tinggi berpotensi terjadi Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

"Berpeluang terjadi pula di kawasan Samudera Hindia selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo dan Yogyakarta," ungkap Rendi Krisnawan kepada Tribunbanyumas.com, Rabu (5/7/2023).

Mengenai penyebab terjadinya gelombang tinggi, kata Rendy karena adanya angin yang cukup kencang.

BERITA TERKAIT

Saat ini pola angin di Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur ke Selatan dengan kecepatan angin 6-25 knot.

Dengan adanya peringatan potensi gelombang tinggi tersebut, BMKG Cilacap mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

BMKG juga mengahimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim BMKG. (pnk)

 
Sumber: Tribun Banyumas

Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Waspada! Gelombang Sangat Tinggi Hantui Perairan Selatan Jawa hingga Besok Pagi, Ini Kata BMKG,

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas