Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masyarakat Didorong Bisa Manfaatkan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital

Penting bagi para pengguna internet terus mengikuti konten-konten edukatif yang dapat meningkatkan keahlian mereka.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Erik S
zoom-in Masyarakat Didorong Bisa Manfaatkan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital
Istimewa
Kegiatan Chip In Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital“. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan EP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di era digitalisasi, masyarakat disebut harus bisa memanfaatkan peluang dan berinovasi di ruang digital. Karena itu, penting bagi para pengguna internet terus mengikuti konten-konten edukatif yang dapat meningkatkan keahlian mereka.

Kepala Dinas Kominfo Lombok Tengah, H. Muhammad menerangkan, sejalannya dengan manfaat yang diterima masyarakat, Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Tengah mempunyai peran agar masyarakat dapat memahami litarasi digital dengan baik. Dengan penyuluhan dan pelatihan secara berkala untuk mengembangkan konten edukatif. 

Baca juga: Program Literasi Keuangan hingga Digital Perlu Dihadirkan untuk Perempuan Pelaku Usaha Ultra Mikro

"Serta pembentukan kelompok advokasi yang aktif untuk mempromosikan dan mensosialisasikan terkait pemahaman literasi digital," ucapnya saat Kegiatan Chip In Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital“, dikutip Rabu (2/8/2023).

Sedangkan Ketum BPC HIPMI Mataram/Wakil Ketum Bid. UMKM KADIN NTB Ricky Hartono Putra mengatakan mengenai pemanfaatan peluang dan inovasi di ruang digital pada saat ini, banyak cara yang dapat dilakukan, mulai dengan niat kemauan yang kuat, aksi sungguh-sungguh dan percaya bahwa diri kita bisa berhasil, kreatif dan inovatif (pandai melihat peluang, menciptakan peluang, atau membeli peluang).

"Lakukan kolaborasi dengan berbagai pihak demi kemajuan potensi usaha yang bisa dimanfaatkan saat ini yaitu konten kreator/vlogger, membuat start up bisnis dan menjadi reseller/dropshipper. sebagai sarana promosi dan interaksi dengan pelanggan manfaatkanlah fitur SEO untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencarian Google," ucap.

Diakhir sesi Qori Internasional yaitu Dr. H. Sabarudin Abdurrahman, M.Pd berujar dalam era modern saat ini adapun dampak positif digitalisasi media dakwah dengan menyampaikan pesan dakwah keagamaan begitu efektif dan efisien yang terlepas dari ruang dan waktu.

BERITA REKOMENDASI

"Terkhususnya konten-konten terkait seni tilawah al-qur’an menjadi salah satu konten yang sangat banyak ditemukan dan menjadi konsumsi para penikmat media sosial. jadilah warga negara yang cakap digital ‘Jika mulutmu adalah harimaumu, maka jarimu adalah tombakmu. Jadilah bijak dalam segala hal termasuk dalam bermedia sosial," ucapnya.

Kegiatan dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Panitia Penyelenggara Lombok Muharram Festival dalam menyelenggarakan Kegiatan Chip In Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Peluang dan Inovasi di Ruang Digital“ pada tanggal 30 Juli 2023 peserta terdiri dari kelompok masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Pandu Digital Bantu Masyarakat Adaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Berdasarkan Indeks Literasi digital masyarakat indonesia Sejak tahun 2021-2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika terus melakukan literasi digital kepada 20.141.097 orang. Di tahun 2023 juga menargetkan 5.500.000 orang mengikuti kegiatan literasi digital pada tahun 2022, hingga tercapai 50 juta orang yang mengikuti literasi di bidang digital pada tahun 2024 

Berdasarkan skor tersebut tingkat literasi digital di indonesia berada dalam kategori ‘sedang’ kegiatan literasi digital di lingkungan masyarakat ini merupakan salah satu upaya kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital sektor komunitas masyarakat.

Dalam kegiatan Lombok Muharram Festival, selain sesi Talkshow Literasi Digital, terdapat berbagai rangkaian acara lainnya. Kegiatan dimulai dengan Tabligh Akbar dan ditutup dengan panggung hiburan yang dimeriahkan oleh kehadiran Tami Aulia serta Kerispatih sebagai puncak acara.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan tingkat literasi digital 50 juta masyarakat indonesia pada tahun 2024 menuju indonesia #MakinCakapDigital Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses website literasidigital.id atau akun media sosial @literasidigitalkominfo (Instagram, Facebook & Youtube).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas