Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

20 Murid SD di Bandung Barat Diduga Keracunan Yoghurt

Keracunan yang dialami puluhan murid SDN 1 dan SDN 2 Cimerang itu diduga akibat meminum jajanan yogurt dari pedagang di sekitar sekolah.

Editor: Erik S
zoom-in 20 Murid SD di Bandung Barat Diduga Keracunan Yoghurt
Tribun Bali/Istimewa
Ilustrasi Keracunan- Puluhan murid SDN 1 dan SDN 2 Cimerang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami keracunan setelah jajan minuman di sekolah, Rabu (11/10/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG BARAT - 18 murid SDN 1 dan 2 murid SDN 2 Cimerang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami keracunan setelah jajan minuman di sekolah, Rabu (11/10/2023).

Mereka merasakan gejala mual, muntah-muntah, pusing, dan sakit perut.

Petugas Medis Puskesmas Padalarang, dr Daniel mengatakan, terkait kejadian ini pihaknya mendapat informasi dari pihak sekolah sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Sate Kulit Diduga jadi Penyebab Keracunan Massal di Garut, 2 Orang Tewas dan 37 Warga Dirawat




Kemudian pihaknya datang ke lokasi kejadian melakukan penanganan pada pukul 12.00 WIB.

"Jumlah yang kita tangani ada 20 murid, saat dilakukan pemeriksanaan, ini memang gejala khas keracunan," ujarnya saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (11/10/2023 sore.

Daniel mengatakan, berdasarkan hasil surveilans oleh petugas medis, keracunan yang dialami puluhan murid SDN 1 dan SDN 2 Cimerang itu diduga akibat meminum jajanan yogurt dari pedagang di sekitar sekolah.

Namun, untuk mengetahui pasti penyebab keracunan itu, kata dia, pihaknya akan melakukan uji laboratorium bagi sampel minuman tersebut di Labkesda Jabar.

BERITA TERKAIT

"Dugaan (keracunan) ini dari jajanan yogurt, tapi untuk kepastian, kita ambil sampelnya untuk diteliti," kata Daniel.

Sementara untuk semua murid yang mengalami keluhan pusing, muntah-muntah, dan sakit perut, kata Daniel, petugas medis memberikan penanganan dengan cara memberi cairan infus serta obat-obatan.

Baca juga: Keracunan Massal di Garut Usai Konsumsi Sate Jebred, 2 Orang Meninggal

Dengan penanganan tersebut dari 20 murid yang mengalami keracunan, 18 orang di antaranya telah pulih kembali dan 2 orang dilakukan rawat jalan karena menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.

"Sudah banyak yang sembuh, fase kritis 4 jam pertama sudah terlewati karena langsung kami tangani. Sekarang tinggal dua murid yang mengalami gejala dehidrasi," ucap Daniel.

Penulis: Hilman Kamaludin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS: Puluhan Murid SD di Bandung Barat Keracunan, Diduga Akibat Jajan Minuman Yogurt

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas