Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Karuna Murdaya Lantik Yuriani Sebagai Ketua DPD KCBI Provinsi Banten

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP KCBI Karuna Murdaya, di Restoran Eka Ria BSD, Tangerang, Banten.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Karuna Murdaya Lantik Yuriani Sebagai Ketua DPD KCBI Provinsi Banten
istimewa
Sesi foto bersama KCBI dan Cendekiawan Lintas Agama seusai pelantikan pengurus KCBI Provinsi Banten masa bakti 2023 - 2026, Sabtu (21/10/2023). 

Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) Provinsi Banten masa bakti 2023 - 2026 resmi dilantik, Sabtu (21/10/2023).

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP KCBI Karuna Murdaya, di Restoran Eka Ria BSD, Tangerang, Banten.




Adapun pembacaan SK pelantikan dilakukan Sekretaris Jenderal DPP KCBI Willy Wiyatno.

Baca juga: KCBI Kalsel Gelar Susur Desa Buddhis Halong Balangan, Ini Kegiatan yang Dilakukan

Pelantikan berlangsung dalam suasana khidmat dan penuh rasa kekeluargaan dengan mensahkan Dr Th Yuriani untuk memimpin KCBI di wilayah Banten beserta jajarannya.

“Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia harus lahir sebagai organisasi intelektual yang melandasi segenap karyanya dari hasil pemikiran akademis dan keilmuwanan, kemudian terwujud dalam perilaku, sikap dan tindakan yang mampu memberi manfaat bagi kehidupan sesama dan masyarakat,” ungkap Yuriani yang juga Dosen di STABN Sriwijaya ini.

“Orientasi kami dalam program kerja KCBI saat ini adalah pada isu menurunnya jumlah umat Buddha secara signifikan. Program kerja nyata dalam bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan, pengabdian masyarakat dan penelitian, penyelenggaraan seminar nasional dan internasional yang bisa menaikkan harkat dan martabat Umat Buddha serta meningkatkan kebanggaan beragama Buddha,” tambah Yuriani.

Baca juga: KCBI dan STAB Nalanda Teken MoU Kembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

BERITA TERKAIT

Selain dihadiri sejumlah pejabat Bimas Buddha Kementerian Agama, pelantikan KCBI Banten juga dihadiri oleh organisasi cendekiawan lintas agama yang terundang seperti, Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia, Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama, Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia.

Diketahui, KCBI adalah wadah kebersamaan para Cendekiawan Buddhis untuk merapatkan barisan, saling mendukung dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Agama Buddha Indonesia, memiliki sikap dan visi intelektual serta komitmen kuat pada kemanusiaan, harkat, nilai - nilai, aspirasi dan hati nurani yang memiliki sikap kritis dan mandiri.

Adapun dalam visinya KCBI memandang perlu umat Buddha yang berpendidikan tinggi, berwatak intelektual, berprestasi di masyarakat memiliki rasa persatuan dalam rangka membantu mereka yang masih tertinggal, agar bersama – sama bisa turut mengabdi dan berbakti pada Agama, Nusa dan Bangsa berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas