Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov Sumsel Manfaatkan Teknologi Digital dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan

Pemprov Sumsel menggandeng aparat keamanan Kepolisian Daerah Sumsel untuk mensosialisasikan Songket kepada masyarakat.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Pemprov Sumsel Manfaatkan Teknologi Digital dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan
Tribun Sumsel/Abriansyah Liberto
Petugas dari Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Sumsel mencoba memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Pamulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (9/10/2023). Menurut data dari KLHK kebakaran di Area Sumsel kurang lebih 32 hektare.TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO 

Pemprov Sumsel Manfaatkan Teknologi Digital dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Teknologi digital dimanfaatkan untuk mencegah sekaligus mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengatakan untuk penanganan karhutla pihaknya menggunakan aplikasi Sistem Operasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Terpadu Provinsi Sumatera Selatan atau disingkat Songket.

Hal itu dia sampaikan dalam Talkshow “B5. Role of ACCTHPC: towards FOLU Net Sink 2030 and Haze Free ASEAN by 2030” sebagai bagian dari the 28th Conference of the Parties to the United Nations Framework Convention on Climate Change di Dubai Uni Emirat Arab.

Songket, kata Fatoni, digagas bekerja sama dengan Polda Sumsel, World Resources Institute (WRI) Indonesia, dan Forum DAS Sumsel yang merupakan sistem informasi berbasis WebGIS untuk deteksi dini karhutla.

“Melalui Songket pengambilan keputusan dalam pencegahan dan pemadaman serta penegakan hukum karhutla di Provinsi Sumatera Selatan menjadi lebih efektif dan efisien karena lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat,” kata Fatoni dalam keterangannya Jumat (15/12/2023).

BERITA REKOMENDASI

Aplikasi Songket sudah diintegrasikan dengan kamera pengintai asap.

Dalam aplikasi, terdapat berbagai informasi yang ter-update semisal informasi titik panas terbaru, informasi prakiraan cuaca serta arah dan kecepatan angin terkini, analisis titik panas.

Kemudian analisis Jarak Lurus Terdekat (Euclidean Distance) Titik Panas terhadap Posko Pengendalian dan Sumber Air, analisis Akses Jalan Serta Rute Terdekat (Routing Analysis), dan waktu tempuh terhadap titik panas.

Pemprov Sumsel menggandeng aparat keamanan Kepolisian Daerah Sumsel untuk mensosialisasikan Songket kepada masyarakat.

Kepolisian Daerah Sumsel menyebutkan bahwa implementasi Songket disandingkan dengan tim Drone Squard Karhutla.
--
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas