Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anggota Damai Cartenz Tewas Ditembak KKB di Intan Jaya Papua

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan penembakan diduga dilakukan KKB pimpinan Apen Kobogau yang merupakan Wakil Pangkodap VIII.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Anggota Damai Cartenz Tewas Ditembak KKB di Intan Jaya Papua
Dok. Polri
Foto Ilustrasi - Proses evakuasi dua anggota Satgas Damai Cartenz yang satu diantaranya tewas akibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (22/11/2023). Seorang anggota Satgas Damai Cartenz meninggal dunia setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua, Jumat (19/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Seorang anggota Satgas Damai Cartenz meninggal dunia setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua, Jumat (19/1/2024).

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan penembakan diduga dilakukan KKB pimpinan Apen Kobogau yang merupakan Wakil Pangkodap VIII.

Baca juga: Diduga Terseret Arus Sungai Usai Jatuh dari Jembatan, Karyawati Pabrik di KKB Ditemukan Tewas

"Personel yang terkena luka tembak telah dievakuasi dan dilakukan pertolongan pertama di Puskesmas Sugapa, namun oleh dokter personel tersebut dinyatakan gugur," kata Bayu dalam keterangannya, Jumat.

Bayu mengatakan penembakan dilakukan dari arah belakang pos pengamanan Tower BTS Telkomsel di  Bilogai, Sugapa, Intan Jaya, Papua. 

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Pilot Susi Air Kapten Philips 11 Bulan Disandera KKB, Bermula dari Pesawat Dibakar

Saat itu, kata Bayu, sempat terjadi kontak tembak antara anggota Satgas Damai Cartenz dengan KKB selama kurang lebih 30 menit.

Anggota yang meninggal dunia yakni Bripda Alfandi Steve Karamoy karena terkena tembakan di bagian rahang kiri.

BERITA TERKAIT

"Anggota Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri tembus rahang kanan dan mengakibatkan anggota gugur," imbuhnya. 

Baca juga: Isak Tangis Istri Kopda Hendrianto Korban KKB saat Jenazah Tiba di Padang: Capek, Suami Saya Capek

Sementara itu, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan saat ini sejumlah personel juga telah dikerahkan untuk menyisir seluruh pergerakan KKB di Wilayah Intan Jaya.

"Saat ini pasukan kami masih melakukan pengejaran dan penyisiran di sekitar TKP," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas