Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilot Susi Air Kapten Philip Diklaim Akan Dibebaskan, Polri Sebut Hanya Propaganda KKB

Saat ini, kata Benny, TNI-Polri masih belum bisa berkomunikasi langsung dengan KKB. Proses negosiasi pembebasan dilakukan melalui tokoh masyarakat

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pilot Susi Air Kapten Philip Diklaim Akan Dibebaskan, Polri Sebut Hanya Propaganda KKB
TribunPapua.com/ist
Kolase foto Pasukan KKB bersama Pilot Pesawat Susi Air Philips Mark Methrtens di hutan Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Pilot berkewarganegaraan Selandia Baru itu telah disandera sejak 7 Februari 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, PAPUA - Beredar kabar jika Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens akan dibebaskan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) jelang satu tahun disandera.

Terkait itu, pihak kepolisian belum menerima adanya informasi tersebur dan mengatakan jika kabar tersebut disebar hanya untuk propaganda semata.

Baca juga: Disandera Selama Setahun, Pilot Susi Air Dikabarkan Akan Dibebaskan KKB Besok




"Itu propaganda KKB. Saya tidak dapat info tersebut," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo saat dikonfirmasi, Selasa (6/2/2024).

Saat ini, kata Benny, TNI-Polri masih belum bisa berkomunikasi langsung dengan KKB. Proses negosiasi pembebasan masih dilakukan melalui tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: Kondisi Pilot Susi Air setelah Setahun Disandera KKB, Kabarnya akan Dibebaskan Besok

"Untuk sementara kita lewat pak Bupati bersama dengan tokoh masyarakat di sana, kan pendekatannya lebih mudah, karena masih ada hubungan keluarga," ujar Benny.

"Sekarang masih upaya negosiasi lewat pemerintah daerah, pak Bupati, itu pun masih belum bisa terealisasi, masih menunggu, masih proses," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Benny memuturkan sejauh ini belum ada informasi pembebasan tersebut. Dia hanya memastikan kondisi Kapten Philip dalam kondisi sehat.

"Termonitor dalam keadaan sehat," jelas Benny.


Akan Dibebaskan 

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) akhirnya akan membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

Adapun pembebasan itu akan dilakukan seusai Philip disandera selama satu tahun.

Dikutip dari Kompas.com, rencana pembebasan itu disampaikan oleh juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom pada Sabtu (3/2).

Ia mengatakan pilot Susi Air akan dibebaskan pada 7 Februari 2024 mendatang.

Baca juga: KSAD Ungkap Kondisi Pilot Susi Air yang Disandera OPM

Sebby Sambom mengatakan pilot asal Selandia Baru harus dibebaskan demi kemanusiaan berdasarkan hukum pernag humaniter internasional.

Pihaknya menyebut tidak ada alasan untuk pilot harus ditahan sampai dunia kiamat.

"Pilot asal Selandia Baru yang ditahan pasukan kami di bawah pimpinan Egianus Kogoya harus dibebaskan demi kemanusiaan berdasarkan hukum perang humaniter internasional. Tidak ada alasan untuk pilot harus ditahan sampai dunia kiamat,” kata juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, kepada VOA, Sabtu (3/2/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas