Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Protes Jalan Rusak, Warga Desa di Purwakarta Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

Mereka protes jalan rusak dengan menanam pohon di tengah jalan, Minggu (25/8/2024). Jalanan tersebut sudah rusak dan tak kunjung diperbaiki

Editor: Muhammad Renald Shiftanto
zoom-in Protes Jalan Rusak, Warga Desa di Purwakarta Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan
TRIBUNJABAR.ID/DAENZA FALEVI
Warga Kampung Pasir Datar, Desa Pasir Angin, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Batat saat melakukan aksi penanaman pohon di jalan desa, Senin (26/8/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Jalanan rusak, warga Kampung Pasir Datar, Desa Pasir Angin, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat gelar aksi tanam tumbuhan.

Mereka protes jalan rusak dengan menanam pohon di tengah jalan, Minggu (25/8/2024).

Jalanan tersebut sudah rusak dan tak kunjung diperbaiki oleh pihak terkait.




Akri Rudia (38) warga sekitar yang juga Ketua Karang Taruna Desa Pasir Angin menyebutkan bahwa warga merasa kecewa karena hingga saat ini belum ada upaya nyata dari pemerintah untuk memperbaiki jalan yang sudah lama rusak parah.

Menurutnya, kondisi jalan penghubung Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Bojong itu memprihatinkan dan telah mengganggu aktivitas sehari-hari warga, terutama dalam hal transportasi dan mobilitas harian.

"Jalan ini sudah lama rusak, dan sampai sekarang belum ada tindakan. Menanam pohon pisang dan lainnya sebagai cara kami menunjukkan kekecewaan dan harapannya pemerintah segera turun tangan memperbaiki jalan ini," kata Akri saat ditemui Tribunjabar.id, Senin (26/8/2024) siang.

Ia mengatakan, aksi menanam pohon di tengah jalan yang rusak menjadi simbol perlawanan warga terhadap situasi yang mereka anggap tidak adil.

BERITA TERKAIT

Ia berharap aksi ini bisa menarik perhatian pemerintah dan memicu langkah konkret untuk mengatasi masalah yang sudah terlalu lama berlarut-larut.

"Sekarang alhamdulillah, setelah kemarin kami unjuk rasa, kini sudah ada perhatian dari pemerintah, dapat kabar akan segera diperbaiki, namun sifatnya hanya sementara, semoga diperbaiki secara permanen dan tidak rusak lagi," ucapnya.

Warga lainnya, Yogi mengatakan bahwa akses jalan rusak ini mengganggu aktivitas warga sekitar.

"Kami hanya ingin jalan yang layak, supaya anak-anak bisa berangkat sekolah dengan aman, dan kami bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa rasa khawatir akan jatuh karena jalan yang berlubang," ujar Yogi.

Warga berharap pemerintah segera merespons dengan tindakan nyata untuk memperbaiki jalan di wilayah mereka.

Mereka bertekad terus memperjuangkan hak mereka atas infrastruktur yang layak dan aman, agar kehidupan di desa bisa kembali berjalan dengan lancar dan nyaman.

"Jalan rusak sekitar tiga kilometer, sudah hampir empat tahun jalan ini tidak diperbaiki, padahal ini jalan utama warga. Banyak aktifitas juga disini, karena warga sekitar sini itu kehidupannya menjadi petani teh dan kopi. Jadi jalur ini aktif dilalui mulai dari roda dua maupun roda empat," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Warga Desa Pasirangin Purwakarta Ramai-ramai Tanam Pohon Pisang, tapi Kok Nanamnya di Tengah Jalan?

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas