Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kecelakaan Kereta Api di Indramayu, KA Gajayana Tabrak Minibus

Kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor dan kereta api kembali terjadi. Kali ini sebuah kendaraan jenis minibus menemper Kereta Api Gajayana.

Penulis: willy Widianto
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Kecelakaan Kereta Api di Indramayu, KA Gajayana Tabrak Minibus
Tribunnews.com/Istimewa
KA Gajayana tabrak minibus di Terisi, Kamis(3/10/2024) malam. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor dan kereta api kembali terjadi. 

Kali ini sebuah kendaraan jenis minibus menemper Kereta Api Gajayana (KA 56) rute Gambir-Malang, di kilometer 163 3/4, petak jalan Terisi-Telagasari di Indramayu, Jawa Barat pada Kamis (3/10/2024) sekitar pukul 20.55 WIB.

"Hasil pengecekan, kereta penumpang dinyatakan baik. Namun, terdapat kerusakan pada lokomotif yang membutuhkan pengecekan lebih lanjut. Kereta Api Gajayana (KA 56), belum dapat diberangkatkan dari lokasi," tulis pernyatan resmi PT KAI(persero) di akun X.

Akibat kecelakaan tersebut jalur hulu dan hilir pada lintas tersebut belum dapat dilalui. 

"Mohon maaf atas dampak dari insiden ini.

Update tentang kondisi di lapangan, akan disampaikan di kesempatan berikutnya. Terima kasih," tulis PT KAI.

BERITA REKOMENDASI

Terbaru, PT KAI melaporkan, Kereta Api Gajayana (KA 56) diberangkatkan kembali dari Stasiun Telagasari pada pukul 22.04 WIB, dengan kecepatan 45 km/jam. 

"Semoga tidak ada insiden lagi demi keamanan perjalanan kereta dan keselamatan bersama ya kak. Tetap taati peraturan yang ada dan lebih hati-hati lagi saat melewati jalur KA sebidang terjaga," imbau  PT KAI.

Kejadian tersebut menambah panjang daftar kecelakaan di perlintasan pintu kereta api. Hanya dalam waktu seminggu.

Sebelumnya, Kereta api (KA) Pandalungan relasi Gambir-Jember menabrak truk bermuatan pakan ayam hingga ringsek. Kecelakaan itu terjadi di palang pintu perlintasan kereta api yang belum diresmikan di Desa Bayeman, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo pada Selasa (1/10/2024).

Tabrakan antara Kereta Api (KA) Gajayana dengan mobil pick up juga terjadi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur pada Sabtu (28/9/2024) pukul 17.52 WIB.

Baca juga: Kecelakaan Kereta Api vs Truk di Bantul, Pengamat: Pengawasan Faktor Eksternal Perlu Ditingkatkan

Kecelakaan serupa juga di perlintasan antara Sentolo dan Rewulu. Peristiwa tersebut terjadi melibatkan truk dengan Nomor Polis B 9240 UIQ dan Kereta Api (KA) 70 (KA Taksaka relasi Stasiun Gambir-Yogyakarta) di Perlintasan Sebidang (JPL 714) antara Stasiun Sentolo dan Stasiun Rewulu pada pukul 03.52 WIB, Rabu, 25 September 2024. 

Pada tanggal 23 September 2024 KA Fajar Utama relasi Pasar Senen-Solo Balapan juga menabrak empat orang yang asyik membuat video di Karawang, Jawa Barat. Empat orang tersebut tewas mengenaskan.

(*)

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas