Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berdayakan Warga Lokal hingga Genjot UMKM Lewat Wisata Tepi Laut 

Menurutnya, warga lokal yang digaet pihaknya berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sarjana yang kesemuanya

Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Berdayakan Warga Lokal hingga Genjot UMKM Lewat Wisata Tepi Laut 
Dokumentasi
Suasana Ocean View dari drone yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Bolang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Senin (7/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Kehadiran destinasi wisata di suatu wilayah dapat meningkatkan meningkatkan ekonomi lewat UMKM hingga pemberdayaan warga lokal sebagai pegawai.

Hal itu yang kini dilakukan sebuuh destinasi di Gunungkidul, Yogyakarta, Heha Ocean View.

Sales Executive Heha Ocean View Dio Arlianto mengatakan pegawai lokal yang diberdayakan mencapai puluhan orang. Mereka berasal dari sejumlah wilayah di sekitar tempat wisata, seperti warga Girikarta, Panggang, Saptosari dan Purwasari. Sementara sisanya berasal dari luar kawasan wisata seperti Jakarta, Surabaya dan beberapa kota lain di sekitar Yogyakarta.

Menurutnya, warga lokal yang digaet pihaknya berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sarjana yang kesemuanya direkrut secara berkala. 

“Saya sendiri adalah warga lokal yang mana warga lokal di sini itu dijadikan banyak Karyawannya ada 80 persen dari warga yang ada,” kata Dio, Senin (7/10/2024).

Dio menyebut, antusias menyambut kehadiran tempat wisata tersebut. Sebab, selain membuka lapangan pekerjaan baru, kehadiran Heha Ocean View juga mampu mengerek ekonomi warga lewat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terus menggeliat setiap harinya seiring bertambahnya pengunjung tempat wisata tersebut.

“Kalau untuk ekonomi sendiri masyarakat sekitar pastinya sangat membantu yang mana di parkiran bawah itu udah banyak membuka lahan untuk pedagang kaki lima pedagang kaki lima bisa berjualan di parkiran,” ujarnya.

Baca juga: Indonesia Jaring Pebisnis Uzbekistan Inves di Sektor Parekraf, Ini Destinasi Wisata yang Ditawarkan

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, kehadiran Heha Ocean View juga membuka usaha operator shuttle di luar area Heha Ocean View yang berfungsi mengangkut para pengunjung yang datang menggunakan bus.

“Dari depan itu, dari CLS itu juga banyak namanya operator shuttle Yang mana operator shuttle itu kalau bus besar kan belum bisa masuk ke daerah kita, maka dari itu operator shuttle itu akan kedatangan tamu juga akan mendapat pendapatan dari situ,” tuntasnya.

Tempat wisata yang beralamat di Kelurahan Girikarto Gunungkidul itu kini menjadi magnet wisata baru di kawasan Yogyakarta kendati tempat itu baru beroperasi pada 2021 lalu. 

Destinasi wisata tersebut menawarkan konsep wisata yang berbeda yakni panorama laut lepas dari ketinggian perbukitan di pesisir selatan Yogyakarta.

Baca juga: Cerita Menteri Teten Masduki Hadapi Kendala Majukan Soal UMKM: Tak Semua Bisa Jualan Online

Penggabungan keindahan laut dengan konsep bangunan yang bikin Heha Ocean View menjadi salah satu tempat wisata paling diminati. Destinasi wisata ini menjadi lebih menarik lagi saat para pengelola menyiapkan sejumlah spot foto yang instagramable.

Melansir Instagram resminya, HeHa Ocean View merupakan pilihan tepat bagi pengunjung yang ingin mencari tempat instagramable untuk berfoto. HeHa Ocean View memiliki konsep unik. menggabungkan keindahan pemandangan lautan dengan estetika bangunannya.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas