Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ekspedisi Pesisir Diharapkan Mampu Angkat Taraf Hidup Masyarakat Miskin

HIMA Persis berkomitmen terus berperan aktif dalam mengkampanyekan pentingnya menjaga kelestarian laut, terutama di wilayah pesisir

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Erik S
zoom-in Ekspedisi Pesisir Diharapkan Mampu Angkat Taraf Hidup Masyarakat Miskin
Istimewa
Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) resmi membuka kegiatan Ekspedisi Pesisir pada Sabtu (12/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM, PANDEGLANG -  Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (Hima Persis) resmi membuka kegiatan Ekspedisi Pesisir pada Sabtu (12/10/2024).


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata dalam upaya pemberdayaan masyarakat pesisir


Acara pembukaan berlangsung di Pandeglang dan dihadiri oleh sejumlah mahasiswa, Polairut, Bakamla, BP2MI, serta masyarakat setempat yang berkomitmen terhadap pelestarian alam.

Baca juga: Kenduri Budaya 9 Lokasi Jelang Ramadan, Teguh: Lestarikan Tradisi Masyarakat Pesisir


Kegiatan ini mengusung tema proyeksi generasi muda dalam mewujudkan Indonesia sebagai  pemberdayaan masyarakat pesisir melalui berbagai aktivitas, seperti bersih-bersih pantai, penanaman mangrove, edukasi kepada masyarakat pesisir, serta pelatihan.


 Ekspedisi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam.


Dalam sambutannya, Ketua Hima Persis, Ilham Nurhidayatullah, menyampaikan bahwa ekspedisi ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan lingkungan.


 “Kegiatan ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan pantai dan ekosistem laut, tetapi juga untuk mendekatkan mahasiswa kepada permasalahan lingkungan yang ada di sekitar kita. Kami berharap ekspedisi ini menjadi langkah awal bagi generasi muda untuk lebih peduli terhadap persoalan-persoalan yg ada di pesisir,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI


Salah satu agendanya adalah aksi bersih-bersih pantai, yang melibatkan mahasiswa dan warga setempat. 


Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan reaktivasi pantai terbengkalai yang diharapkan mampu memulihkan ekowisata masyarakay Pandeglang.

Baca juga: Gandeng TNI AL dan Intani, Pegadaian Komitmen Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Muara Gembong


Ekspedisi Pesisir ini akan berlangsung selama 15 hari dan melibatkan berbagai pihak, mulai dari akademisi, pemerintah setempat, hingga komunitas nalayan.


 Dalam jangka panjang, hasil dari ekspedisi ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk pengembangan program pelestarian pesisir yang lebih berkelanjutan.


Dengan adanya kegiatan ini, HIMA Persis berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mengkampanyekan pentingnya menjaga kelestarian laut, terutama di wilayah pesisir yang kerap terabaikan.


Ketua pelaksana Tommy Yandra dalam laporanya menyampaikan, berangkat dari geografi indonesia yang mayoritas adalah lautan akan tetapi hal tersebut tidak dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat pesisir yang mana mayoritas masyarakat pesisir terjerumus kedalam kemiskinan ekstream.

Baca juga: PAN Perjuangkan Akses Jalan untuk Masyarakat Pesisir Barat Lampung


"Oleh karena itu kami mengagas ekspedisir ini dengan harapan dapat membantu dan mengangkat taraf hidup masyarakat pesisir yang saat ini terjurumus dalam kemiskinan" ucap Tommy.


Pihaknya berharap program yang di selenggarakan selama dua minggu tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat pesisir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas