Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG Ungkap 2 Kemungkinan Penyebab Gempa ''Doublet'' di Bengkulu

gempa kembar yang terjadi di Bengkulu bisa jadi memiliki keterkaitan satu dengan yang lain, atau antara gempa pertama dan kedua.

Editor: Sanusi
zoom-in BMKG Ungkap 2 Kemungkinan Penyebab Gempa ''Doublet'' di Bengkulu
Tribunnews/JEPRIMA
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Dua gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Bengkulu dengan magnitudo M 6,8 dan M 6,9 pada waktu yang hampir bersamaan, yaitu pada pukul 05.23 WIB dan 05.29 WIB, Rabu (20/8/2020).

Hal ini membuat gempa bumi di Bengkulu bisa disebut sebagai gempa kembar atau doublet earthquake, yakni peristiwa gempa bumi yang kekuatannya hampir sama dan terjadi dalam waktu serta lokasi yang relatif berdekatan.

Baca: Gempa Doublet Guncang Bengkulu: Getaran Terasa sampai Singapura dan Pernah Terjadi di 2007

Baca: Gempa Bumi Guncang Bengkulu, Pemda Diingatkan Siaga Bencana Saat Pandemi

Namun, apakah kedua gempa bumi yang terjadi itu saling berkaitan? Apa juga penyebabnya?

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr Daryono, menjelaskan bahwa gempa kembar yang terjadi di Bengkulu bisa jadi memiliki keterkaitan satu dengan yang lain, atau antara gempa pertama dan kedua.

"Bisa berkaitan (kedua gempa bumi Bengkulu), akibat perubahan stress positif, picuan statik," kata Daryono kepada Kompas.com, Rabu (19/8/2020).

Daryono menyebut bahwa ada dua kemungkinan penyebab terjadinya gempa kembar seperti di Bengkulu, yaitu:

1. Adanya pemicuan statis

BERITA TERKAIT

Dijelaskan Daryono, fenomena ini diduga akibat adanya pemicuan gempa yang bersifat statis (static stress transfer) dari gempa yang sudah terjadi sebelumnya.

Transfer tegangan statis ini berkurang secara cepat terhadap jarak, sehingga gempa kembar biasanya memiliki lokasi berdekatan.

Daryono mengatakan, pemicuan bersifat statis dapat terjadi pada peristiwa dua atau lebih gempa yang sangat berdekatan sumbernya dalam waktu yang berdekatan.

"Sebagai contoh terjadinya aktivitas gempa baru di dekat sumber gempa yang terjadi sebelumnya," ujarnya.

2. Faktor kebetulan saja

Kemungkinan kedua yang disebutkan Daryono adalah faktor kebetulan saja, di mana dua gempa yang terjadi memang bersumber dari masing-masing sumber gempa yang sama-sama sudah matang, karena sudah lama mengalami akumulasi medan tegangan (stress) maksimum.

Alhasil, terjadilah pelepasan atau rilis energi gempa secara hampir bersamaan dengan lokasi sumber yang relatif berdekatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BMKG Ungkap 2 Kemungkinan Penyebab Gempa Kembar di Bengkulu"

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas