Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Robot Damkar Otonom Berkaki Tingkat Buatan Mahasiswa UEU Curi Perhatian di Kontes KRI 2021

Untuk mempersiapkan rancangan, membuat desain, menyiapkan konsep hingga penyelesaian perakitannya dilakukan selama 3 bulan

Robot Damkar Otonom Berkaki Tingkat Buatan Mahasiswa UEU Curi Perhatian di Kontes KRI 2021
dok. UEU
Robot otonom berkaki tingkat untuk tugas pemadaman kebakaran buatan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) mencuri perhatian di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Robot otonom berkaki tingkat untuk tugas pemadaman kebakaran buatan mahasiswa Universitas Esa Unggul (UEU) mencuri perhatian di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021.

Ketua Tim Robotika UEU Arizki Putra Rahman mengatakan, robot ini diberi nama Esgul Fire.

Timnya mempersiapkan Kontes Robot tersebut selama tiga bulan mulai dari persiapan rancangan, membuat desain, menyiapkan konsep hingga penyelesaran perakitannya.

"Kami mulai melakukan persiapan mulai dari Juli dan sudah melewati seleski proposal dan visitasi daring, sekarang pada tahap seleksi wilayah, masih ada satu lagi seleksi Nasional (final) dan kami pun melakukan hal tersebut secara maksimal," ujarnya, Senin (4/10/2021).

Tim Roboti UEU terdiri dari Arizki Putra Rahman, mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI; Anjang Pangestu Selokaton, mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI; Iven Fesky mahasiswa Teknik Informatika 2020 KHI dan Jesita Sani dari DKV KBJ.

Baca juga: Kisah Guru Honorer di Tangerang Nyambi Jadi Manusia Robot Demi Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr.Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA, IPU berharap Tim Robotik ini mampu meraih hasil maksimal di Kontes Robot Indonesia dan karya mereka bisa memberi manfaat bagi masyarakat terutama penanggulangan pemadam kebakaran kedepannya.

"Mudah-mudahan karya yang dibuat oleh mahasiswa kami mampu bermanfaat bagi masyarakat dan para mahasiswa kami pun dapat kembali membuat karya-karya di bidang robotik serta Artificial yang membantu masyarakat menyelesaikan masalah," ujarnya.

Program Studi Teknik Informatika UEU saat ini menyiapkan para mahasiswa dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang akan membuat mereka siap memasuki dunia kerja.

Lulusan program ini akan memiliki Sertifikasi Internasional dari Cisco Network Academic Program, Sun Microsystems International Java Programming & Unix, dan SAP Edugate (Fundamental, Financial, Order Fulfillment, Manufacturing, Human Resources, Advanced Business Application Progamming).

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas