Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Sambut Ramadan, Budi Doremi Mandi Keramas di Sungai

Menyambut Ramadan, penyanyi Doremi terngiang kenangan masa kecil yakni mandi keramas di sungai!

Penulis: ferro maulana
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Sambut Ramadan, Budi Doremi Mandi Keramas di Sungai
tribun Jakarta/JEPRIMA
Syahbudin Syukur atau lebih dikenal dengan nama Budi Doremi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferro Maulana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiap kali menjelang masuk Ramadhan, penyanyi Budi Doremi selalu terngiang kenangan masa kecil.

Saat masih kanak-kanak, ia selalu menyambut datangnya bulan puasa dengan cara ramai-ramai mandi di sungai dekat rumah orangtuanya di Serang, Banten.

Rasanya Budi ingin mengulang kenangan tersebut, tapi dia malu karena sudah dewasa. "Karena saya orang Banten, lahir di pelabuhan Serang, jadi tradisi mandi keramas itu selalu dilakukan seru-seruan banyak orang di kali, " kata Budi Doremi di RCTI, Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (19/7/2012) siang.

Tetapi sayang, tradisi itu makin ditinggalkan karena air kalinya kotor terkena limpahan limbah pabrik.
Yang menarik dari tradisi itu menurut Budi adalah dimana ia mandi membersihkan jiwa dan raganya tetapi di tempat yang sama ada juga orang yang buang hajat besar dan kecil.

"Mandi besar yah bareng-bareng di sungai, ada yang boker-boker ada yang kencing-kencing tapi itu menariknya di saat sungai bersih," tuturnya.

Menurutnya, seorang muslim yang baik dituntut untuk tidak hura-hura. Karena itu, ia heran bulan puasa kok malah banyak orang malah menyiapkan menu-menu santapan lezat-lezat, melebihi menu di luar bulan Ramadhan.

BERITA TERKAIT

"Nggak ada persiapan khusus. Kalau ditanya persiapannya apa, paling batiniah bahwa saya harus ikhlas menjalani ibadah di bulan suci ini," tuturnya.

Baca berita terkini lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas