Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Ini Dia Kiat Mudah Cegah Tawuran Menurut Ratna Listy

Salah satu kunci mencegah tawuran pelajar adalah mengembalikan nilai Pancasila dalam kurikulum sekolah. Itu kata Ratna Listy.

Penulis: ferro maulana
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Ini Dia Kiat Mudah Cegah Tawuran Menurut Ratna Listy
TRIBUN JAKARTA/Ferro Maulana
Ratna Listy 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Ferro Maulana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA
Mengapa banyak pelajar tawuran? Menurut penyanyi Ratna Listy, salah satu faktornya karena nilai-nilai Pancasila sudah banyak dilupakan generasi muda.

Bahkan pelajaran Pancasila yang dulu diajarkan semasa dia masih bersekolah SD hingga SMA, kini pelajaran itu sudah tidak diajarkan di sekolah anaknya.

"Kalau boleh jujur, kesaktian Pancasila dulu lebih terasa bermakna dibanding sekarang. Sekarang maknanya sudah mulai luntur.," kata Ratna Listy di rumahnya, Jakarta, Minggu (30/9/2012). Padahal menurut bintang sinetron 'Tanda Akhir Zaman' ini, hari Kesaktian Pancasila merupakan wujud aktualisasi ideologi Pancasila yang mengutamakan kebersamaan dalam keberagaman.

Sebelum era reformasi, Ratna menjelaskan perbedaan agama, keberagaman budaya dan adat sangat dipahami dengan semangat toleransi yang tinggi karena masyarakat mengamalkan nilai-nilai luhur

"Akibat lupa Pancasila, generasi muda mudah terprovokasi isu SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan). Jurang pemisah yang kaya dan miskin makin lebar," katanya. Pemilik nama lengkap Ratna Sulistyaningsih ini menghimbau sebaiknya pelajaran P4 (Program Penghayatan Pengamalan Pancasila) digalakkan lagi disekolah-sekolah dan instansi-instansi pemerintah.

Baca artikel menarik lainnya

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas