Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Agar Sejarah Tidak Kabur, Ini Pesan Guruh untuk Produser dan Sutradara Film Soekarno

Agar sejarah tidak kabur dan tidak ada bagian yang hilang, ini pesan Guruh untuk produser dan sutradara film "Soekarno,"

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Agar Sejarah Tidak Kabur, Ini Pesan Guruh untuk Produser dan Sutradara Film Soekarno
Kompas/ Ferganata Indra Riatmoko
Salah satu adegan film Soekarno. 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Putra bungsu mendiang Presiden Soekarno, Guruh Soekarnoputra mengapresiasi atas diproduksinya 'Film Soekarno'.

Menurutnya, apa yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan langkah positif dalam melestarikan sejarah Indonesia.

Dalam pesan yang dibacakan oleh Toto Suryawanputra, Guruh meminta agar nantinya 'Film Soekarno' dapat menanamkan nilai-nilai patriotisme kepada para siswa atau siswi yang menonton film tersebut.

"Tentunya validitas sejarah dalam 'Film Soekarno' tidak boleh diabaikan," kata Guruh, Kamis (5/9/2013).

Guruh pun meminta agar 'Film Soekarno' tidak dibuat secara tergesa-gesa. Agar nilai sejarah yang terjadi pada saat masa hidup Soekarno tidak hilang, tidak kabur atau tidak ada yang terpenggal.

Film Soekarno mengisahkan sang proklamator selama masa pengasingan di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Selama empat tahun sejak 1934-1938 Soekarno diasingkan di Flores.

BERITA TERKAIT

Empat tahun di pengasingan yang jauh dari habitus politiknya, membuat Soekarno mengalami keterasingan eksistensial paling parah di sepanjang hidupnya.

Namun ditengah keterasingan secara sosial-politik, Soekarno bukannya menjadi tak berdaya, namun menemukan kekuatan baru dalam melawan kolonialisme dan imperialisme.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas