Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Artis Ini Adopsi Bayi Orangutan Kelaparan yang Induknya Mati Dibunuh di Kebun Sawit

Artis ini rela mengadopsi bayi orangutan yang kelaparan dan ditinggal mati induknya yang dibunuh di kebun kelapa sawit.

Penulis: Achmad Rafiq
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Artis Ini Adopsi Bayi Orangutan Kelaparan yang Induknya Mati Dibunuh di Kebun Sawit
TRIBUNNEWS.COM/ ACHMAD RAFIQ
Nadine Alexandra 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Achmad Rafiq

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Puteri Indonesia 2010, Nadine Alexandra tergerak hatinya untuk peduli terhadap orangutan. Kecintaannya kepada satwa khususnya orangutan ia tunjukan dengan berbagai cara. salah satunya dengan mengadopsi salah satu bayi orangutan yang berada di hutan Kalimantan, yakni Jumbo.

"Aku adopsi bayi Orangutan namanya Jumbo. Jadi bentuknya donasi ke BOS (Borneo Orangutan Survival). Aku adopsi satu tahun sebesar Rp 1 juta,” ujar Nadine saat jumpa pers kampanye #ClimbForOrangutan di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis (6/11/2014).      

Karena sambung Nadine, kita tidak bisa membawa pulang orangutan yang ada disana. Sebab, orangutan itu tempat tinggalnya di hutan dan mereka tidak boleh ketergantungan dengan manusia, agar mereka bisa bertahan hidup di hutan. Apalagi ada undang-undang yang mengatur tentang larangan memelihara binatang yang dilindungi. (baca: Nadine panjat tebing demi orangutan)

Wanita keturunan Inggris-Jawa ini menambahkan, selama tiga bulan nanti dirinya akan mendapatkan laporan perkembangan mengenai Jumbo. Nadine juga mengungkapkan alasannya memilih Jumbo untuk diadopsi, karena Ibunya Jumbo mati akibat keterlibatan pihak yang mengelola perkebunan kelapa sawit.

“Karena kelaperan jumbo itu dibawa sama ibunya masuk ke kebun kelapa sawit untuk cari makan. Lalu ibunya dibunuh oleh orang-orang yang ada di situ, dan anaknya si jumbo ini akhirnya tinggal di pusat rehabilitasi si BOS,” cerita Nadine.

Menurutnya, banyak pilihan untuk mengadopsi bayi orangutan. Namun, karena kejadian yang menimpa Jumbo ada di perkebunan kelapa sawit. Nadine pun sangat tidak setuju dengan alih fungsi lahan yang  digunakan untuk kelapa sawit.

BERITA TERKAIT

“Rencanya aku pengen sih ketemu jumbo. Mungkin tahun depan antara maret atau april. Aku juga Baru seminggu ini mulai adopsi Jumbo. Jadi belum tahu perkembangan dia saat ini seperti apa,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas