Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Artis dan Seniman Turun ke Jalan Desak Pemerintah Segera Atasi Asap

Mereka langsung menggelar aksi protes persis di depan patung kuda, menghadap ke air mancur bundaran Jalan Thamrin-Medan Merdeka Barat.

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Robertus Rimawan
zoom-in Artis dan Seniman Turun ke Jalan Desak Pemerintah Segera Atasi Asap
TRIBUNNEWS/NICOLAS MANAFE
Para artis dan seniman gelar aksi meminta pertanggung jawaban pemerintah terkait asap di patung kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/10/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews Imanuel Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sore tadi, Jumat (9/10/2015), sejumlah artis maupun seniman turun ke Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. 

Mereka melakukan aksi demonstrasi menuntut pemerintah segera menyelesaikan kebakaran hutan dan lahan yang terhadi di sejumlah daerah.

Pantauan Tribunnews.com, para artis dan seniman yang jumlahnya hanya belasan ini memulai kegiatan pada pukul 16.00 WIB.

Mereka langsung menggelar aksi protes persis di depan patung kuda, menghadap ke air mancur bundaran Jalan Thamrin-Medan Merdeka Barat.

Aksi mereka dilengkapi spanduk bertuliskan 'Tindak Tegas Pembakar Hutan' dan 'Geisha Melawan Asap'. Para artis dan seniman ini kompak mengenakan kaus putih dan mengenakan masker menutupi mulut dan hidung mereka.

Orasi mereka didampingi oleh aktivis dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi). Para aktivis ini yang memulai orasi.

BERITA REKOMENDASI

"Kita mendesak pemerintah agar segera lakukan tanggung jawabnya untuk menanggulangi kebakaran, beri pelayanan maksimal kepada seluruh korban kebakaran hutan dan lahan yang sampai saat ini masih terus diterpa kabut asap," ujar orator.

Selain itu, aktivis, artis dan seniman menundukkan kepala dalam rangka belasungkawa terhadap korban akibat asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan dan hutan.

"Kita berkumpul untuk turut sampaikan belasungkawa, rasa perihatin dan juga rasa ketidakpercayaan kepada seluruh komponen negara, pemerintah yang sampai hari ini belum maksimal lakukan penanganan, korban, maupun penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di berbagai wilayah," ujar orator.

Selain berorasi, para artis kemudian turun ke jalan untuk membagikan selebaran yang isinya mengenai tujuan dari kegiatan yang dilakukan sore ini serta dukungan dari masyarakat terhadap para korban asap.

Para artis yang terlibat dalam aksi protes ini yaitu Melanie Subono, Geisha Band, Damian beserta istrinya dan sejumlah artis maupun seniman lainnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas