Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Uni Eropa dan Nicholas Saputra Luncurkan Film Soal Perlindungan Gajah, 'Save Our Forest Giants'

Film dokumenter pendek Save Our Forest Giants juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong penelitian tentang virus herpes baru

Penulis: Regina Kunthi Rosary
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Uni Eropa dan Nicholas Saputra Luncurkan Film Soal Perlindungan Gajah, 'Save Our Forest Giants'
ISTIMEWA
Acara peluncuran film dokumenter pendek yang mempromosikan perlindungan gajah, Save Our Forest Giants, di Jakarta, Minggu (19/6/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Regina Kunthi Rosary

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun lalu, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia mengadopsi dua gajah dari Ekosistem Leuser sebagai maskot Uni Eropa yang melambangkan komitmen Uni Eropa untuk keanekaragaman hayati, konservasi dan gerakan melawan perubahan iklim.

Untuk menarik perhatian publik terhadap pentingnya gajah dan hutan Indonesia, Uni Eropa menggarap sebuah film dokumenter pendek yang mempromosikan perlindungan gajah, Save Our Forest Giants, yang dibintangi oleh Nicholas Saputra.




"Hari ini, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia meluncurkan sebuah film dokumenter pendek tentang hutan dan gajah Indonesia, serta menyoroti pentingnya perlindungan hutan dan
gajah. Berkat kerjasama yang baik dengan Nicholas Saputra dan timnya, kini kami memiliki cerita menyentuh yang kami harap akan menginspirasi banyak orang. Saya percaya, jika kita semua bekerja sama, kita dapat melindungi mamalia besar ini. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan kesadaran. Oleh sebab itu, jika Anda suka film ini, Anda dapat membantu
dengan menyebarkannya ke teman-teman Anda," kata Duta Besar Uni Eropa Vincent Guérend dalam acara peluncuran film tersebut, Jakarta, Minggu (19/6/2016).

Acara peluncuran Save Our Forest Giants dibuka oleh Dr Ir Tachrir Fathoni, Msc, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, diikuti oleh talk show bersama panelis.

Panel talkshow termasuk Duta Besar Uni Eropa Bapak Vincent Guérend, Nicholas Saputra, dan Wahdi Azmi dari Unit Tanggap Konservasi (CRU) Tangkahan.

Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 remaja dan pemangku kepentingan lainnya dan dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

BERITA TERKAIT

Dokumenter pendek Save Our Forest Giants ini diproduksi oleh Nicholas Saputra dan Amanda Marahimin, dengan dukungan dari Uni Eropa.

Sebelum peluncuran, Delegasi Uni Eropa mengadakan kampanye media sosial dengan tagar #jaGAjah, yang meliputi kuis dan kompetisi meme untuk mendorong anak muda mengekspresikan pendapat mereka dengan menggunakan kreativitas demi mendukung perlindungan gajah.

Film dokumenter pendek Save Our Forest Giants juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong penelitian tentang virus herpes baru, EEHV.

Virus ini dapat menyebabkan penyakit hemoragik berat pada gajah dan diduga menyebabkan tingkat
kematian tinggi pada gajah muda Asia (1--8 tahun). Kematian ini dapat terjadi dalam waktu 1--2 hari dari tanda-tanda awal, sehingga diagnosis dini serta pengobatan sangat penting bagi kelangsungan hidup gajah.

Studi dan penelitian berkelanjutan merupakan jalan keluar yang baik untuk mengelola, mencegah, dan mengontrol penyebaran penyakit ini, demi menjamin keberlangsungan dan konservasi gajah.

Kerjasama lebih lanjut dalam menyempurnakan perawatan yang efektif, serta pengembangan vaksin untuk mencegah EEHV sangat penting untuk masa depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas