Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Seleb

Apa Makna Kostum 'Warrior of Orang Utan' Bunga Jelitha Ibrani di Miss Universe 2017?

Pesan tentang kecintaan pada hutan Kalimantan yang menjadi bagian dari kekayaan alam Indonesia.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Apa Makna Kostum 'Warrior of Orang Utan' Bunga Jelitha Ibrani di Miss Universe 2017?
Fitri Wulandari/Tribunnews.com
Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani saat memamerkan National Costume bertema Warrior of Orang Utan karya desainer ternama Rinaldy Yunardi, di Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017), yang nantinya akan ia kenakan di ajang pemilihan ratu sejagad Miss Universe 2017. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Desainer aksesoris Rinaldy Yunardi mengatakan pesan yang tersirat dalam National Costume bertema 'Warrior of Orang Utan' yang ia rancang khusus untuk dikenakan Puteri Indonesia 2017, Bunga Jelitha Ibrani pada ajang Miss Universe 2017 telah tersampaikan.

Hal tersebut karena kostum itu telah dipamerkan dalam konferensi pers jelang keberangkatan Bunga ke ajang pemilihan ratu sejagad itu.

Pesan tentang kecintaan pada hutan Kalimantan yang menjadi bagian dari kekayaan alam Indonesia.

"Ya (pesan) ini tersampaikan, sudah dikeluarin (kostum) yang membawa banyak pesan untuk dunia, bahwa kita mencintai alam tentunya melestarikan alam, hutan," ujar Rinaldy, saat ditemui di Sasono Wiwoho Mangunsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2017).

Oleh karena itu Desainer yang pernah merancang aksesoris untuk selebriti luar negeri itu juga menggunakan kertas daur ulang (recycle paper) untuk menunjukkan detail kostum.

Menurutnya, penggunaan kertas daur ulang tidak kalah dengan material lainnya.

BERITA TERKAIT

"Makanya kenapa saya menggunakan itu recycle paper, ya nggak usah pakai yang baru, kan recycle udah bagus juga kan," jelas Rinaldy.

Pesan kecintaan pada alam melalui penggunaan kertas daur ulang itulah salah satu hal yang ingin disampaikan dalam National Costume tersebut.

Selain itu, pesan lainnya yang terkandung dalam tema 'Warrior of Orang Utan' juga tentunya untuk melestarikan populasi Orang Utan di Kalimantan.

"Nah pesannya itu, dan utamanya adalah (pelestarian) Orang Utan," kata Rinaldy.

Sedangkan makna lainnya yang ingin disampaikan Rinaldy adalah warisan budaya Suku Dayak yang sangat kental dalam tiap detail kostum tersebut.

Ia pun sengaja menggunakan teknik anyam untuk menunjukkan sisi tradisional khas Indonesia kepada dunia.

"Dan (dari sisi) heritage juga dapet kan, budaya Dayak dapet, nah teknik menganyam itu juga (ciri khas) handycraftnya Indonesia," tegas Rinaldy.

Nantinya, dalam ajang Miss Universe 2017 yang akan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat itu, Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani akan mengenakan sejumlah busana memukau rancangan desainer ternama Indonesia.

Mulai dari 'Dewaraja' dari Iwan Tirta Private Collection, 'Magical Flower' yang dirancang oleh Andreas Odang, 'Powerful Red' karya Yogi Pratama, 'Kebaya' hasil rancangan Intan Avantie.

Hingga 'Bunga Cino' karya Ivan Gunawan, serta tentunya National Costume bertema 'Warrior of Orang Utan' hasil rancangan desainer fenomenal Rinaldy Yunardi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas