Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Seleb
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Seleb

Rilis Lagu Lungset Makk, Fitri Carlina Dapet Bonus Jadi Duta Pariwisata

Merasa belum pernah memberikan sesuatu yang berarti kepada kampung halamanya, di Banyuwangi, Jawa Timur, Pedangdut Fitri Carlina

Rilis Lagu Lungset Makk, Fitri Carlina Dapet Bonus Jadi Duta Pariwisata
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Pedangdut Fitri Carlina kali ini mencoba mengukir sebuah prestasi dengan meluncurkan sebuah lagu berbahasa lokal, Banyuwangi berjudul "Lungset Makk" yang kembali di recycle dan ingin di nasional hingga mancanegara, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, Banyuwangi - Merasa belum pernah memberikan sesuatu yang berarti kepada kampung halamanya, di Banyuwangi, Jawa Timur, Pedangdut Fitri Carlina kali ini mencoba mengukir sebuah prestasi dengan meluncurkan sebuah lagu berbahasa lokal, Banyuwangi yang kembali di recycle dan ingin di nasional hingga mancanegara. Keinginan tersebut ternyata sudah lama terpendam dalam diri Fitri Carlina.

Keinginan Fitri sepertinya terkabul saat, Sabtu (11/11/2017) siang kemarin dengan memberikan penampilan yang luar biasa dihadapan ribuan masyarakat Banyuwangi, dengan membuka acara BEC atau "Banyuwangi Etnoch Carnival 2017" yang digelar di jalan Veteran Taman Blambangan, Banyuwangi. Pergelaran besar itu juga dihadiri para pejabat Banyuwangi dan dua Menteri yaitu Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan Menko PMK Puan Maharani , Fitri memperkenalkan lagu Lungset Makk yang diciptakan oleh Dedy Boom. Penampilannya mendapat applus yang luar biasa yang menjadi moment tersendiri bagi Fitri.

Pedangdut Fitri Carlina.
Pedangdut Fitri Carlina. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Selain memperkenalkan lagu "Lungset Makk" diacara BEC, Fitri juga menggelar press confrence bersama media lokal dan nasional yang dihadiri dari pihak label yang menaungi lagunya, Nagaswara yang diwakili oleh Andre Dahlan dan pihak Dwi Marhen Yono, selaku Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Banyuwangi

“Hari ini istimewa buat saya, selain saya bisa merilis lagu 'Lungset Makk', lagu yang sudah sangat dikenal di Banyuwangi, juga seperti dapet bonus dengan menjadi Duta Pariwisata Banyuwangi. Bersyukur dan bahagia rasanya bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat disini dan bisa berperan untuk pariwisata Banyuwangi,” ujar Fitri Carlina dihadapan media saat merilis lagu 'Lungset Makk' di press confrence, Oshing Deles Cafe, Jalan KH Agus Salim No. 12A Banyuwangi pada malam harinya.

Pedangdut Fitri Carlina.
Pedangdut Fitri Carlina. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Meski lirik lagunya berbahasa setempat yaitu bahasa Oshing, asli Banyuwangi, Fitri tak keberatan dan lebih merasakan hal yang luar biasa lantaran bisa menyanyikan dengan baik. Lirik lagunya, dirasakan sangat menyentuh hati yang menceritakan curhatan seorang anak yang hidupnya ruwet kepada ibunya. “Lagu ini awalnya hanya berjudul Lungset, namun saat akan dinyanyikan kembali oleh saya, sang arranger memberi ide agar ditambahan kata Makk. Dan jadilah 'Lungset Makk'. Kalo ditanya mengapa saya ngga merilis lagu baru, karena mungkin memang rejeki saya selalu ada di lagu-lagu recycle apalagi lagu-lagu saya yang lalu-lalu sukses juga recycle dan lagu 'Lungset Makk' kali ini juga recycle yang semoga setelah saya dinyanyikan akan menjadi lebih dikenal luas oleh masyarakat di level Nasional dan mancanegara,” papar Fitri.

'Lungset Makk' Konsep musiknya adalah Koplo Kendang Kempul yaitu musik asli dari daerah Banyuwangi yang berlirik Jawa, dan memang diciptakan oleh musisi yang asli dari Banyuwangi yaitu Dedy Boom. Dan Lagu “Lungset Makk“ memberikan sesuatu yang istimewa bagi Fitri karena memang sudah lama ia bercita-cita ingin membawakan lagu berlirik Jawa, khususnya bahasa Osing dari tempat kelahirannya sendiri yaitu Banyuwangi, Jawa Timur. Dan bersyukur lewat lagu ini, baik dari notasi yang ear catching, arransemen musik bagus, dan sangat rancak, walau dari segi lirik sebeneranya menggambarkan tentang kesedihan dan kegalauan seseorang yang terhianati oleh kekasihnya.

Pedangdut Fitri Carlina.
Pedangdut Fitri Carlina. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Fitri Carlina, selain ingin berkontribusi untuk daerahnya, ternyata memang banyak masyarakat Banyuwangi dan para fans yang menginginkan Fitcar untuk membawakan lagu berbahasa Osing ketingkat nasional. Dan ada hal yang istimewa juga bagi Fitcar belum lama ini ia dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Banyuwangi oleh Menteri Pariwisata Republik lndonesia.

Dan hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat berarti dalam karirnya Fitcar. Keinginannya untuk berkontribusi di tempat kelahirannya kini dapat terwujud. Dengan talenta yang dimilikinya sebagai seorang penyanyi dan Duta Pariwisata, Fitcar berusaha dapat terjun langsung untuk mempromosikan tempat kelahirannya tersebut.

Pedangdut Fitri Carlina.
Pedangdut Fitri Carlina. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Untuk penggarapan video klip sengaja Fitcar memilih tempat-tempat Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, seperti di Pulau Merah, Air Terjun Kembar Jagir, dan De Jawatan, Menculuk, Banyuwangi, Jawa Timur. Dikonsep oleh Fitcar sendiri, dengan maksud turut mempromosikan tempat-tempat Pariwisata tersebut ke tingkat nasional bahkan harapannya sampai ketingkat dunia. Dan bersyukur. Dinas Pariwisata Banyuwangi serta Kementrian Pariwisata turut mensupport kegiatan syuting video klip ini.

Dukungan lain dari keluarga dirasakan Fltri Carlina sangat besar, mereka pun turut bangga dan senang karena selain Fitcar terpilih sebagai Duta Pariwisata mereka juga menyukai single "Lungset Makk", termasuk para fansnya. Dan untuk proses rekaman single ini terbilang lancar karena CEO NAGASWARA Bapak Rahayu Kertawiguna sangat mendukung.

Pedangdut Fitri Carlina.
Pedangdut Fitri Carlina. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Semoga kehadiran Fitri Carlina lewat single ”Lungset Makk” dapat disukai oleh masyarakat indonesa khususnya masyarakat Kabupaten Banyuwangi, serta tentunya karir Fitri Carlina tetap bersinar dan selalu memberikan inspirasi dan kotribusi positif bagi seluruh masyarakat indonesia di mana pun berada.

Ikuti kami di
Penulis: FX Ismanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas